BerandaKulinary
Rabu, 12 Okt 2022 13:05

Makanan-Makanan yang Harus Diperhatikan Penderita Diabetes

Makanan-Makanan yang Harus Diperhatikan Penderita Diabetes

Ilustrasi: Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman manis adalah salah satu pemicu diabetes di usia muda. (Pixabay)

Menderita diabetes berarti harus menjaga pola makanan seumur hidup. Selain mengatur asupan gula, ada jenis makanan tertentu yang juga harus diperhatikan oleh penderita diabetes.

Inibaru.id - Dulu, diabetes dianggap sebagai penyakit yang menyerang para orang tua. Tapi, pandangan tersebut jelas keliru. Karena faktor gaya hidup, orang dengan usia muda pun beresiko terkena penyakit ini.

Seperti yang kita tahu, diabetes merupakan penyakit yang muncul ketika tubuh nggak mampu menghasilkan atau menggunakan hormon insulin secara efisien. Kondisi ini menyebabkan gula atau glukosa tetap berada di aliran darah dan kadar gula darah tinggi.

Nah, gaya hidup seperti kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, kurang olahraga, sering mengonsumsi minuman manis, dan merokok adalah faktor penyebab diabetes di usia muda. So, kalau kamu memiliki kebiasan-kebiasaan tadi, segera kurangi dan waspada ya, Millens!

Untuk yang sudah mengidap penyakit kencing manis ini, kamu harus lebih berhati-hati lagi, nih. Selain kudu rutin memeriksakan diri ke balai kesehatan, kamu juga harus banget menjaga pola makan. Ingat, nggak cuma makanan dan minuman manis yang pantang bagi penderita diabetes, tapi ada makanan-makanan tertentu yang sebaiknya kamu hindari.

Hindari Buah Tinggi Karbohidrat

Ilustrasi: Mangga adalah salah satu buah dengan tinggi karbohidrat yaang nggak disaranakan dikonsumsi penderita diabetes. (Ahdwallpaper)
Ilustrasi: Mangga adalah salah satu buah dengan tinggi karbohidrat yaang nggak disaranakan dikonsumsi penderita diabetes. (Ahdwallpaper)

Kamu bisa selalu memantau jumlah karbohidrat dan skor indeks glikemik (IG) dari makanan yang dikonsumsi agar pengendalian jadi lebih mudah. IG akan memberikan peringkat makanan berdasarkan bagaimana makanan tersebut dapat memengaruhi gula darah.

Dokter spesialis anak Kurniawan Satria Denta mengatakan bahwa beras ataupun buah juga kaya karbohidrat dan dapat memiliki skor IG yang tinggi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus menghindari makan nasi dan buah dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Buah yang tinggi karbohidrat itu diantaranya adalah pisang, buah bit, apel, mangga, buah beri, dan jeruk. Tapi, yang perlu kamu tahu, pada dasarnya semua makanan yang dikonsumsi, terutama karbohidrat dan protein bisa meningkatkan insulin pada tubuh.

“Meningkatnya respons insulin pada tubuh itu harus kita hindari. Respons insulin yang berlebihan kerana terus-terusan makan yang tinggi karbohidrat cenderung meningkatkan respons insulin, yang akhirnya lebih resisten,” ucap Denta, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (11/10/2022).

Fokus Pada Asupan Serat

Ilustrasi: Sayuran hijau adalah asupan yang dianjurkan dokter untuk penderita diabetes. (Carriefehr)
Ilustrasi: Sayuran hijau adalah asupan yang dianjurkan dokter untuk penderita diabetes. (Carriefehr)

Nah, alih-alih makanan tinggi karbohidrat, Denta menyarankan agar kamu fokus pada asupan serat seperti sayuran hijau. Sebagai pengganti nasi, kamu bisa mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti ubi jalar. Yang jelas, kamu perlu menghindari makanan tinggi karbohidrat, termasuk yang mengandung gula alami seperti buah.

“Jadi, untuk karbohidrat atau gula-gula alami lainnya tetap bisa meningkatkan risiko terkena diabetes kalau berlebihan,” kata Denta.

Ya, penyakit diabetes adalah kondisi yang berjalan lama ya, Millens. Kamu yang sudah menderita di usia muda jangan putus asa dan selalu rajin memantau kadar gula darah, ya! Kalau abai, masalah kesehatan yang serius termasuk penyakit kardiovaskular, kerusakan ginjal, atau infeksi pada kaki bisa mengancammu. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved