inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Sebenarnya, Aman Nggak Sih Buka Puasa dengan Minum Teh?
Minggu, 10 Mar 2024 09:39
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Buka puasa dengan minum teh. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ilustrasi: Buka puasa dengan minum teh. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Enak dan menyegarkan. Tapi, apakah buka puasa dengan minum teh aman bagi pencernaan tubuh? Yuk simak penjelasannya, Millens!

Inibaru.id – Nggak terasa, hanya beberapa hari lagi kita bakal kembali dihadapkan dengan bulan Ramadan. Jika biasanya kita dipusingkan dengan makanan yang dikonsumsi tiga kali sehari, kali ini kita bakal dihebohkan dengan hidangan sahur dan berbuka.

Nah, dari sekian banyak hidangan berbuka yang digemari masyarakat Indonesia, teh sering jadi pilihan. Baik itu teh hangat ataupun teh dingin, dianggap menyegarkan dan bisa menghilangkan dahaga setelah seharian penuh nggak minum apapun. Tapi, apakah aman buka puasa dengan minum teh?

Kamu tahu sendiri kan banyak orang Indonesia yang mengalami masalah asam lambung? Nah, sayangnya, mereka bisa terkena masalah kesehatan tersebut usai minum teh. Apalagi jika mereka meminumnya saat perut masih dalam kondisi kosong. Nah, mengingat saat berbuka puasa juga perut berada dalam kondisi nggak terisi apapun selama berjam-jam, minum teh tentu bisa memberikan dampak yang sama, bukan?

Selain kenaikan asam lambung, sering minum teh saat berbuka puasa juga bisa memberikan dampak buruk lain bagi sistem pencernaan tubuh. Ada yang merasa perutnya terasa mual, kembung, atau bahkan sakit setelah mengonsumsinya.

Ada baiknya kamu nggak minum teh saat buka puasa karena perutmu masih kosong. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ada baiknya kamu nggak minum teh saat buka puasa karena perutmu masih kosong. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Andaipun kamu meminumnya bersama dengan makanan, kandungan di dalam teh juga bisa menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dari makanan tersebut. Kandungan tersebut adalah tannin, sejenis senyawa polifenol yang sebenarnya berperan sebagai antioksidan dan antibakteri, Millens.

Meski tannin bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, kalau dikonsumsi bersamaan dengan sejumlah makanan, bisa menghambat penyerapan nutrisi penting seperti protein, magnesium, hingga zat besi dari makanan tersebut. Rugi dong!

Lantas, apakah ada minuman lain yang lebih baik untuk dikonsumsi saat berbuka alih-alih teh? Kalau itu sih ada banyak. Life Extension menyarankanmu untuk minum air putih yang menyegarkan dan lebih sehat. Kalau pengin yang lebih berasa, boleh lo minum air kelapa. Tapi air kelapa murni ya, bukannya yang sudah diberi tambahan gula apalagi sirop.

Selain itu, kamu juga bisa lo minum jus buah yang nggak diberi tambahan gula atau pemanis lainnya. Tapi, buat kamu yang punya asam lambung, hati-hati juga kalau pengin minum jus buah agar nggak sampai membuat masalah kesehatan ini kumat, deh.

Omong-omong, apakah kamu juga biasa buka puasa dengan minum teh, Millens? Atau kamu punya minuman lain yang lebih direkomendasikan? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved