inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mencuci Buah dengan Baking Soda atau Sabun, Mana yang Lebih Bersih?
Selasa, 27 Jun 2023 14:31
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Kamu bisa menggunakan baking soda atau sabun untuk mencuci buah. (Pexels)

Kamu bisa menggunakan baking soda atau sabun untuk mencuci buah. (Pexels)

Ternyata baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci buah sebelum dihidangkan atau dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Tapi, jika dibandingkan dengan sabun, mana yang lebih efektif membersihkan buah?

Inibaru.id – Meskipun tampak bersih dan dipajang di ruangan swalayan yang berpendingin, kamu tetap harus mencuci buah yang kamu beli.

Agar lebih bersih, jangan hanya mencucinya dengan air tapi gunakan juga baking soda atau sabun pencuci food grade. Tapi, mana dari dua jenis bahan itu yang lebih bersih untuk mencuci buah?

Jadi begini, mencuci buah dengan air dan baking soda atau sabun sebenarnya sama-sama dapat membantu mengurangi kontaminasi dan membersihkan permukaan buah, tetapi ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Mencuci buah dengan air dan baking soda dapat membantu menghilangkan residu pestisida, kotoran, dan sebagian kecil bakteri pada permukaan buah. Baking soda memiliki sifat alkali yang dapat membantu mengurangi keasaman dan memiliki sedikit efek antimikroba. Namun, baking soda nggak akan menghilangkan semua bakteri dan patogen yang mungkin ada pada buah.

Lalu bagaimana dengan sabun? Mencuci buah dengan sabun juga dapat membantu membersihkan permukaan buah dengan lebih efektif karena sabun memiliki sifat yang dapat mengangkat minyak dan kotoran.

Meskipun buah yang kamu makan dikupas, tetap harus dicuci terlebih dahulu. (BBS)
Meskipun buah yang kamu makan dikupas, tetap harus dicuci terlebih dahulu. (BBS)

Sabun juga dapat membantu menghilangkan bakteri dan patogen pada permukaan buah. Namun, penting untuk memilih sabun yang aman untuk makanan dan membilas buah dengan baik untuk menghilangkan residu sabun yang mungkin tertinggal.

Kedua metode ini memiliki kelebihan dan keterbatasan masing-masing. Jika kamu menggunakan baking soda, pastikan untuk merendam buah dalam larutan baking soda yang tepat dan membilasnya dengan air bersih secara menyeluruh. Kemudian, jika kamu menggunakan sabun, pastikan untuk menggunakan sabun yang aman untuk makanan dan membilas buah dengan baik untuk menghilangkan residu sabun.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan cara penyimpanan buah, kebersihan area penyimpanan, dan mencuci tangan dengan sabun sebelum menangani buah untuk mengurangi risiko kontaminasi dan penyakit.

Kalau kamu lebih suka menggunakan sabun atau baking soda saja, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved