BerandaHits
Minggu, 31 Jul 2022 10:10

Membuat Kompor Selalu Terlihat Baru dengan Cuka dan Baking Soda

Membuat Kompor Selalu Terlihat Baru dengan Cuka dan Baking Soda

Kompor gas harus dibersihkan secara rutin agar terhindar dari korosi dan lemak mengerak. (Istock)

Membersihkan dengan cuka dan baking soda akan membuat kompor selalu terlihat baru. Mau tahu caranya?

Inibaru.id – Ada yang bilang, cara kerjamu bisa dilihat dari kebersihan kompormu. Ini cukup beralasan, karena kompor adalah salah satu perkakas krusial untuk sebuah rumah. Maka, tengoklah dapurmu dan lihat gimana kondisi kompor kepunyaanmu!

Merawat kompor bisa dilakukan dengan cara rajin membersihkannya. Perawatan itu sebaiknya dilakukan berkala agar kompor terhindar dari korosi atau lemak yang mengerak di bodi maupun burner. Kamu bisa menggunakan cuka dan baking soda untuk membersihkannya.

Waktu yang Tepat untuk Membersihkan

Dikutip dari Allrecipes, sejatinya nggak ada waktu pasti kapan kompor harus dibersihkan; tergantung seberapa sering kamu memakainya. Namun, ada indikator yang bisa jadi “alarm”, kapan kompor harus dibersihkan secara menyeluruh.

Biar aman, selisiklah nyala api itu minimal sekali dalam sebulan. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan dapur seperti cuka dan baking soda untuk membersihkannya. Cuka bisa menghilangkan lemak, sedangkan soda kue mampu membasmi kerak yang cukup sulit dihilangkan dengan sekadar dilap.

Alat yang Harus Disiapkan

Baking soda adalah salah satu bahan yang harus ada saat akan membersihkan kompor gas. (Shuttersstock)
Baking soda adalah salah satu bahan yang harus ada saat akan membersihkan kompor gas. (Shuttersstock)

Baking soda dan cuka adalah bahan dapur yang aman untuk kulit. Namun, sebaiknya kamu tetap mempersiapkan beberapa “alat tempur” untuk membersihkannya. Inilah peralatan-peralatan yang kamu perlukan:

  1. Sarung tangan;
  2. Cuka;
  3. Baking Soda;
  4. Wadah cekung yang dangkal;
  5. Air;
  6. Tusuk gigi;
  7. Botol spray; dan
  8. Kuas atau sikat gigi.

Cara Membersihkan Bodi Kompor

Gunakan air dan baking soda untuk membersihkan bodi kompor. (Kimbo)
Gunakan air dan baking soda untuk membersihkan bodi kompor. (Kimbo)

Sebelum mulai membersihkan, pastikan aktivitas memasak sudah dihentikan beberapa saat sebelumnya dan kompor dalam keadaan dingin. Nah, karena yang bakal kamu bersihkan adalah bodi kompor, kamu perlu membongkar tatakan tungkunya dan bagian burner-nya terlebih dulu.

Setelah semua siap, lakukanlah langkah berikut:

  1. Siapkan wadah cekung, kemudian masukkan air dan cuka ke dalamnya dengan skala 1:1; 
  2. Setelah itu, rendam tatakan kompor ke dalam cairan tersebut selama 30-an menit, lalu angkat dan bilas dengan air mengalir;
  3. Campurkan air dengan baking soda sedikit demi sedikit hingga berbentuk agak liat seperti pasta. Gunakan pasta itu untuk melapisi seluruh permukaan kompor gas dengan cara mengoles dan biarkan selama kurang lebih 15-30 menit;
  4. Kamu juga perlu menggunakan sikat untuk menghilangkan lemak atau kerak membandel yang menempel di sela-sela kompor;
  5. Bilas dan keringkan seluruh bagian kompor.

Cara Membersihkan Burner Kompor

Burner kompor harus selalu bebas dari kerak agar nyala api selalu biru. (Productnation)
Burner kompor harus selalu bebas dari kerak agar nyala api selalu biru. (Productnation)

Burner pada kompor gas terdiri atas dua bagian, yakni kepala dan tutupnya. Pastikan kompor sudah dingin saat kamu akan melepasnya. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa mengenakan sarung tangan.

Setelah itu, lakukanlah langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan air dan cuka ke dalam botol spray dengan skala 1:1, lalu semprotkan cairan tersebut ke kepala dan tutup burner secara menyeluruh dan biarkan selama 15-20 menit;
  2. Bilas kepala dan tutup burner;
  3. Campur air dan soda kue hingga menyerupai pasta, lalu oleskan tipis-tipis ke kepala serta tutup burner, kemudian biarkan selama 15 hingga 30 menit;
  4. Untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela burner, gunakan sikat gigi;
  5. Bilas dan keringkan hingga benar-benar nggak ada air yang tersisa, lalu pasang kembali komponen tersebut ke kompor gas.

Jika semua tahapan sudah dilakukan, kamu akan melihat betapa kinclongnya kompormu sekarang. So, silakan dipraktikkan! Dengan perawatan secara berkala, kamu bisa menghemat biaya beli kompor baru hingga bertahun-tahun lamanya, lo, Millens! (Kom/IB20/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved