BerandaKulinary
Sabtu, 7 Jan 2023 15:09

Cara Menghilangkan Bau Mulut Usai Makan Jengkol

Cara Menghilangkan Bau Mulut Usai Makan Jengkol

Ilustrasi: Semur, sambal goreng atau rendang jengkol adalah makanan khas Indonesia yang banyak penggemarnya. (FB/Masterchef Renata)

Jengkol merupakan salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Sayangnya, orang sering menghindarinya karena jengkol meninggalkan bau nggak sedap. Tapi, ada cara khusus untuk menghilangkan bau mulut usai makan jengkol, lo.

Inibaru.id - Kamu sering melewatkan hidangan berbahan jengkol karena nggak ingin baunya yang khas tertinggal di mulut? Tenang saja, kamu ngak perlu takut berlebihan dengan bau dari jengkol, Millens. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu nggak bau mulut usai makan semur, sambal goreng atau rendang jengkol.

Inilah 8 cara mengatasai bau mulut karena makan makan jengkol. Yuk simak satu-satu!

1. Konsumsi Buah

Konsumsilah buah-buahan yang berair, seperti apel dan pir setelah makan jengkol. Buah apel dan pir mengandung banyak air dan bertekstur renyah sehingga bisa merangsang produksi air liur. Air liur ini membantu menyegarkan dan membersihkan bau yang menempel di mulut. Selain itu, buah-buahan ini juga kaya serat yang bertindak sebagai sikat gigi alami setelah makan.

2. Menyikat Gigi

Ilustrasi: Pasta gigi yang mengandung fluoride terbukti bisa mengurangi bau mulut. (Pexels/Fero)
Ilustrasi: Pasta gigi yang mengandung fluoride terbukti bisa mengurangi bau mulut. (Pexels/Fero)

Menyikat gigi bisa mengurangi bau jengkol yang menempel di mulut. Jika ingin baunya benar-benar hilang, kamu perlu menyikat gigi dan lidah hingga ke bagian terdalam, supaya nggak ada sisa makanan yang tertinggal.

Selain itu, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan fluoride memiliki sifat antibakteri telah terbukti mengurangi bau mulut.

3. Berkumur dengan Mouthwash

Selain menyegarkan napas, ternyata obat kumur atau mouthwash bisa memberikan perlindungan ekstra yang dapat menyingkirkan bakteri di dalam mulut.

Sebelum menggunakan mouthwash, awali berkumur dengan air biasa tepat setelah makan untuk menghilangkan partikel makanan yang menempel atau menyelip di gigi.

4. Minum Air Mineral

Ilustrasi: Minum air mineral akan merangsang produksi air liur. (Thinkstockphotos)
Ilustrasi: Minum air mineral akan merangsang produksi air liur. (Thinkstockphotos)

Nggak suka buah dan sayur? Kamu bisa mengonsumsi air mineral untuk menetralkan bau mulut. Air putih atau air mineral bisa membuat mulut tetap lembap, dan juga menghilangkan kotoran dan bau mulut.

Sebaliknya, kondisi mulut yang kering akan menambah bau kurang sedap. Dengan banyak minum air mineral, akan merangsang produksi air liur atau saliva yang membantu membersihkan sisa makanan dari rongga mulut

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet ternyata dapat membantu menyegarkan kembali aroma mulut. Permen karet bisa berfungsi layaknya pencuci mulut, sekaligus menghilangkan kotoran yang menempel di gigi.

Akan tetapi, pilih permen karet tanpa gula, ya! Itu karena bakteri menyukai gula untuk menghasilkan asam yang dapat memperparah bau mulut.

Setelah tahu tips-tipsnya, kini kamu nggak perlu lagi menghindar jika disuguhi menu jengkol, kan? (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Doyan Makan Jengkol tapi Enggak Mau Mulut Bau, Ini 8 Triknya.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved