BerandaHits
Jumat, 30 Sep 2022 16:00

PT Semen Indonesia Jadikan Sampah sebagai Bahan Bakar Pembuatan Semen

PT Semen Indonesia Jadikan Sampah sebagai Bahan Bakar Pembuatan Semen

Ilustrasi: Unit usaha SIG, yaitu PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Cilacap memanfaatkan sampah untuk bahan bakar dalam pembuatan semen. (Humas Semen Gresik)

Sebagian sampah perkotaan yang makin nggak terkendali diubah menjadi bahan bakar pembuatan semen dengan teknologi RDF. Ini adalah langkah yang dilakukan oleh Unit usaha SIG, yaitu PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Cilacap.

Inibaru.id - Sampah di negara kita menjadi masalah yang serius jika dibiarkan begitu saja tanpa pengelolaan. Nggak tinggal diam, melalui teknologi pengelolaan sampah mutakhir, PT Semen Indonesia (SIG) memanfaatkan sampah perkotaan sebagai bahan bakar alternatif dalam pembuatan semen.

Upaya efisiensi dan konservasi ini dilakukan oleh unit usaha SIG, yaitu PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) di Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini merupakan solusi untuk pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan masyarakat yang lebih baik,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni pada Kamis (29/9/2022).

Teknologi pengelolaan sampah yang digunakan adalah Refuse Derived Fuel (RDF). Ini merupakan upaya pengelolaan sampah berkelanjutan yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2.

Menurut keterangan Vita, pemanfaatan sampah perkotaan menjadi RDF mampu mengelola limbah sampah domestik sebesar 160 ton per hari yang dapat menghasilkan 70 ton RDF. Sedangkan RDF tersebut akan mampu menggantikan penggunaan batu bara hingga lima sampai enam persen.

Raih Penghargaan

Ilustrasi: Refuse Derived Fuel (RDF) merupakan upaya pengelolaan sampah berkelanjutan yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2. (MI/Lilik Darmawan)
Ilustrasi: Refuse Derived Fuel (RDF) merupakan upaya pengelolaan sampah berkelanjutan yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2. (MI/Lilik Darmawan)

Atas upaya tersebut, perseroan meraih penghargaan ASEAN Energy Awards (AEA) 2022 sebagai 2nd Runner Up subkategori Large Industries, kategori Energy Management in Buildings and Industries.

Keberhasilan dalam memperoleh penghargaan itu nggak lepas dari inisiatif SBI Pabrik Cilacap dalam menerapkan program konservasi energi berstandar ISO 50001:2018. Itu merupakan standar untuk mengelola kinerja energi termasuk efisiensi dan konsumsi energi. SBI Pabrik Cilacap menggunakan model sistem manajemen dengan pendekatan siklus PDCA (Plan, Do, Check, Action) untuk perbaikan berkelanjutan.

"Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi sekaligus motivasi bagi kami untuk memberikan solusi. Nggak hanya memenuhi harapan stakeholders, tapi menjadi pendorong dalam tumbuhnya industri building material yang memperhatikan keberlanjutan atau sustainability," ujar Vita.

Langkah yang diterapkan SBI Cilacap ini bisa jadi contoh baik bagi perusahaan-perusahaan besar lainnya ya, Millens. Nggak hanya itu, kita sebagai masyarakat juga harus semakin sadar untuk mengelola sampah rumah tangga kita sendiri biar nggak makin memperburuk keadaan lingkungan. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah dimuat di Medcom dengan judul Keren Nih Bos, Bikin Semen dari Pemanfaatan Sampah.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved