inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mobil Listrik Tak Menyakiti Lingkungan, Yakin?
Rabu, 6 Sep 2023 21:04
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Benarkah mobil listrik ramah lingkungan? (via Okezone)

Benarkah mobil listrik ramah lingkungan? (via Okezone)

Selama ini pemerintah selalu menggembar-gemborkan bahwa mobil listrik ramah lingkungan. Tapi benarkah keberadaan mobil modern ini benar-benar suci dari dosa pada alam?

Inibaru.id - Dalam beberapa tahun terakhir, mobil listrik telah menjadi sorotan utama dalam upaya mengurangi dampak negatif mobil berbahan bakar fosil terhadap lingkungan.

Mobil listrik dianggap sebagai salah satu langkah menuju transportasi yang lebih ramah lingkungan. Namun, apakah mobil listrik benar-benar nggak merusak alam? Yuk simak fakta serta tantangan seputar dampak lingkungan mobil listrik.

Produksi Baterai

Salah satu komponen utama mobil listrik adalah baterai. Proses produksi baterai melibatkan ekstraksi mineral seperti lithium, kobalt, dan nikel. Ekstraksi mineral ini seringkali berdampak negatif pada lingkungan dan masyarakat setempat.

Penambangan lithium, misalnya, telah dikaitkan dengan penurunan kualitas air dan tanah di beberapa wilayah. Ini menunjukkan bahwa meskipun mobil listrik lebih bersih saat digunakan, dampak awalnya masih perlu dipertimbangkan.

Daur Ulang Baterai

Mobil listrik dinilai bisa mengurangi polusi udara. (Getty images)
Mobil listrik dinilai bisa mengurangi polusi udara. (Getty images)

Meskipun ada upaya untuk mendaur ulang baterai mobil listrik, proses ini masih memiliki tantangan. Daur ulang baterai memerlukan energi dan sumber daya yang signifikan. Selain itu, nggak semua baterai bisa didaur ulang sepenuhnya. Ini berarti bahwa limbah baterai masih menjadi masalah yang perlu diatasi.

Sumber Daya Listrik

Dampak lingkungan mobil listrik juga tergantung pada sumber daya listrik yang digunakan untuk mengisi ulangnya. Jika listrik berasal dari pembangkit listrik berbahan bakar fosil, maka manfaat lingkungan mobil listrik dapat berkurang. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan transisi menuju sumber daya energi yang lebih bersih.

Infrastruktur Pengisian

Pembangunan infrastruktur pengisian mobil listrik memerlukan investasi besar dan dapat memengaruhi lingkungan lokal. Pemilihan lokasi stasiun pengisian harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari dampak negatif pada ekosistem dan komunitas setempat.

Mobil listrik mungkin menjadi langkah positif menuju transportasi yang lebih ramah lingkungan, tetapi mereka nggak sepenuhnya bebas dari dampak negatif terhadap alam.

Produksi baterai hingga daur ulang dan sumber daya listrik, menyimpan tantangan yang perlu diatasi untuk memastikan kelestarian lingkungan dalam pengembangan dan penggunaan mobil listrik. Masyarakat, produsen, dan pemerintah perlu bekerja sama untuk meminimalkan dampak lingkungan mobil listrik dan memastikan transisi yang benar-benar berkelanjutan.

Hm, sepertinya pemerintah harus memikirkan dampak lingkungan akibat penggunaan mobil listrik sebelum masyarakat menggunakannya secara masif ya, Millens. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved