inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mengenal Compact House, Desain Hunian Irit Lahan yang Ramah Lingkungan
Sabtu, 18 Mar 2023 20:26
Bagikan:
Compact house bisa jadi solusi lahan sempit yang ramah lingkungan. (via 99)

Compact house bisa jadi solusi lahan sempit yang ramah lingkungan. (via 99)

Hanya punya lahan sempit untuk membangun rumah? Nggak masalah! Kamu bisa membangun rumah dengan desain compact house. Bukan cuma hemat lahan, desain ini juga ramah lingkungan.

Inibaru.id – Seiring pertambahan jumlah penduduk, semakin bertambah pula kebutuhan akan lahan hunian. Nah, salah satu jenis hunian yang cocok untuk lahan sempit adalah compact house.

Compact house adalah sebuah konsep desain rumah yang dirancang dengan ukuran yang lebih kecil dan efisien daripada rumah-rumah konvensional. Konsep ini umumnya diilhami oleh kebutuhan untuk mengatasi masalah kekurangan lahan dan biaya yang meningkat dalam pembangunan rumah.

Compact house biasanya dirancang dengan ruang yang multifungsi dan efisien, dengan fokus pada memaksimalkan penggunaan setiap meter persegi. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan desain pintu geser, rak gantung yang terpasang di dinding, atau memasang perabotan yang terintegrasi untuk menyimpan barang-barang agar terlihat lebih rapi.

Selain itu, compact house juga dapat dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk menghemat energi dan air, seperti sistem panel surya, sistem pengumpulan air hujan, dan lampu LED. Dengan demikian, compact house dapat menjadi pilihan yang lebih berkelanjutan dan hemat biaya bagi banyak orang.

Untuk membangun compact house ini, kamu nggak bisa menggunakan metode konstruksi tradisional tapi metode konstruksi modern.

Apa itu metode konstruksi modern?

Kamu harus siap membuang barang-barang yang nggak perlu. (homedit)
Kamu harus siap membuang barang-barang yang nggak perlu. (homedit)

Metode konstruksi modern adalah suatu pendekatan dalam pembangunan konstruksi yang menggunakan teknologi dan metode baru yang lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan metode konstruksi tradisional. Metode ini dapat mencakup penggunaan teknologi digital seperti software 3D modeling dan BIM (Building Information Modeling), penggunaan material baru seperti beton bertulang pratekan, sistem modular, dan lain sebagainya.

Dalam pembangunan desain compact house, semua komponennya dibuat di pabrik berstandar tinggi dengan metode konstruksi modern ini.

Metode konstruksi modern juga dapat melibatkan penggunaan alat dan mesin yang lebih canggih dan efisien, seperti crane, alat pemotong beton otomatis, atau alat pengangkut yang lebih efektif dalam memindahkan material dan peralatan.

Tujuan dari metode konstruksi modern adalah untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat waktu pembangunan, mengurangi biaya dan risiko, serta meningkatkan kualitas hasil akhir konstruksi. Metode ini juga dapat meningkatkan keselamatan kerja dan meminimalkan dampak lingkungan, karena penggunaan material yang lebih efisien dan pengurangan limbah konstruksi.

Metode konstruksi modern juga telah banyak digunakan di berbagai proyek konstruksi besar dan kompleks, seperti gedung pencakar langit, jembatan, dan pembangunan infrastruktur lainnya.

Gimana, kamu siap dengan rumah mungil-canggih yang ramah lingkungan ini, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved