inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Kerjaan Bejibun Sampai Overwhelmed? Jangan Panik!
Senin, 11 Des 2023 09:16
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Overwhelmed merupakan suatu kondisi psikologis yang menyebabkan seseorang nggak dapat berpikir secara lebih rasional untuk menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas tertentu. (Istimewa)

Overwhelmed merupakan suatu kondisi psikologis yang menyebabkan seseorang nggak dapat berpikir secara lebih rasional untuk menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas tertentu. (Istimewa)

Kamu pasti pernah mempunyai banyak sekali urusan yang harus segera diselesaikan, tapi malah merasa bingung bagaimana harus bersikap? Itu adalah saat kamu merasa overwhelmed. Jangan panik, ya!

Inibaru.id - Ada yang bilang, orang yang sibuk cenderung lebih bahagia ketimbang orang yang menganggur. Sebagian juga bilang, hidup sibuk adalah sebuah berkat. Jadi, jika sekarang kamu sedang merasa sangat sibuk dan banyak hal yang harus dilakukan, maka bersyukurlah, alih-alih mengeluh.

Ya, memiliki banyak tugas memang melelahkan fisik dan pikiran kita. Bahkan pada fase tertentu, kita pasti pernah merasa overwhelmed atau kewalahan. Itu adalah saat kita dihadapkan dengan perasaan lelah yang menjadi-jadi, sampai-sampai mengalami kesulitan berpikir atau bertindak secara rasional.

Overwhelmed secara emosional artinya benar-benar tenggelam dalam pikiran dan emosi karena semua masalah kehidupan yang dirasakan, sampai pada titik kamu menjadi kurang produktif dan merasa bingung mau ngapain.

Mengutip laman verywellmind, setiap orang pasti pernah merasa overwhelmed dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika sedang dihadapkan pada banyak tugas, masalah, maupun tekanan dari lingkungan sosial.

Kondisi tersebut dianggap normal, bahkan dapat memicu sistem otak untuk bekerja lebih produktif. Namun, overwhelmed yang terjadi secara terus-menerus dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental dan fisik, Millens.

Bagaimana Mengatasi Overwhelmed?

Ilustrasi: Overwhelmed biasanya memicu kemarahan yang nggak terkontrol disertai dengan perasaan putus asa atau frustasi. (Pixabay/Putu Elmira)
Ilustrasi: Overwhelmed biasanya memicu kemarahan yang nggak terkontrol disertai dengan perasaan putus asa atau frustasi. (Pixabay/Putu Elmira)

Overwhelmed terjadi karena berbagai faktor psikologis, seperti stres, trauma, kekhawatiran yang berlebihan, dan hal lainnya. Biasanya kondisi ini akan memicu kemarahan yang nggak terkontrol disertai dengan perasaan putus asa atau frustasi. Kemarahan itu muncul karena ketidakmampuan diri untuk melawan stres.

Nah, biar perasaan overwhelmed nggak menguasai dirimu, lakukan hal-hal untuk mengantisipasinya. Apa saja itu?

1. Beristirahat Sejenak

Cara mengatasi overwhelmed yang paling mudah dilakukan adalah menghentikan segala aktivitas dan beristirahat sejenak. Manfaatkan waktu istirahat singkat ini untuk menarik napas dalam-dalam, berjalan ke sekeliling, atau berbicara dengan teman.

2. Berlatih Meditasi

Meditasi adalah memfokuskan perhatian pada sesuatu yang spesifik, misalnya napas, suara, atau sensasi di tubuh. Berlatih meditasi bisa membantumu menjadi lebih sadar dan nggak terlalu reaktif. Penelitian mengenai meditasi menyebutkan bahwa latihan meditasi yang teratur dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Saat berlatih, pikiran pasti akan muncul. Biarkan pikiran-pikiran itu berlalu tanpa penghakiman.

3. Konsultasi dengan Terapis

Jika kesulitan mengatasi perasaan overwhelmed yang kamu rasakan, mungkin berbicara dengan terapis yang berspesialisasi dalam manajemen stres akan sangat membantu. Mereka dapat membantumu mengidentifikasi pemicu stres, mengubah pola pikir negatif, serta mempelajari cara yang lebih sehat untuk mengatasi perasaanmu.

Perasaan overwhelmed adalah hal yang biasa dirasakan setiap orang, namun kadarnya berbeda-beda ya, Millens. Sebagian ada yang mengakuinya dan sebagian lagi menahannya. Nah, biar kamu bisa terbebas dari perasaan itu, lakukan cara-cara yang disebutkan tadi, ya! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved