inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mindfulness dalam Pekerjaan, Kunci Keberhasilan dan Kesejahteraan
Kamis, 16 Nov 2023 23:04
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Mindfulnes relevan dalam lingkungan kerja modern. (iStock)

Mindfulnes relevan dalam lingkungan kerja modern. (iStock)

Pelatihan mindfulness dapat menjadi sumber daya yang berharga bagi individu dan perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, positif, dan berkelanjutan.

Inibaru.id - Mindfulness, atau kesadaran penuh, bukan hanya konsep yang relevan dalam praktik meditasi, tapi juga menjadi aspek penting dalam lingkungan kerja modern.

Bagaimana sebenarnya mindfulness dapat diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari?

Berikut adalah pandangan tentang bagaimana kesadaran penuh dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan di tempat kerja.

1. Kehadiran dalam Saat Ini

Mindfulness di tempat kerja dimulai dengan kemampuan untuk benar-benar hadir dalam saat ini. Terlalu sering, pikiran kita melayang-layang di antara daftar tugas atau khawatir tentang masa depan.

Nah, dengan fokus pada tugas yang sedang dijalankan, karyawan dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja mereka.

2. Pengelolaan Stres

Konsep mindfulnes menyingkirkan stres. (Helosehat)
Konsep mindfulnes menyingkirkan stres. (Helosehat)

Tekanan dan stres adalah bagian tak terhindarkan dari dunia kerja. Mindfulness membantu individu untuk meresapi stres dengan lebih baik, mengajarkan mereka untuk merespon, bukan hanya bereaksi. Dengan cara ini, karyawan dapat menjaga ketenangan dan menghadapi tantangan dengan kepala dingin.

3. Komunikasi yang Lebih Baik

Kesadaran penuh juga meningkatkan keterampilan komunikasi. Dengan mendengarkan dengan saksama dan memberikan perhatian penuh saat berbicara, karyawan dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja, atasan, dan klien. Komunikasi yang efektif adalah kunci untuk menghindari kekeliruan dan meningkatkan kerjasama.

4. Peningkatan Produktivitas

Seringkali, kita dapat terjebak dalam siklus multitasking yang seolah-olah meningkatkan produktivitas. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa multitasking sebenarnya dapat mengurangi efisiensi. Dengan fokus pada satu tugas pada satu waktu, kesadaran penuh membantu meningkatkan produktivitas dengan memberikan perhatian maksimal pada setiap pekerjaan.

5. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Kesadaran penuh juga berkontribusi pada menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat secara mental dan emosional.

Karyawan yang merasa diakui dan didengar cenderung lebih bahagia dan puas dengan pekerjaan mereka. Ini berdampak positif pada retensi karyawan dan citra perusahaan.

Mengenali pentingnya kesadaran penuh dalam pekerjaan adalah langkah pertama menuju perubahan positif. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved