inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Jarang Merasa Lapar, Normalkah?
Sabtu, 14 Okt 2023 17:03
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Normalkah jika kita jarang merasa lapar? (via Alodokter)

Normalkah jika kita jarang merasa lapar? (via Alodokter)

Beberapa orang jarang merasa lapar. Tapi, apakah ini normal?

Inibaru.id - Merasa lapar adalah respons alami tubuh terhadap kebutuhan akan nutrisi. Namun, ada kalanya beberapa individu mengalami jarang merasa lapar.

Pertanyaan pun muncul: apakah ini normal? Mari kita telaah fenomena ini untuk memahami lebih lanjut.

1. Perbedaan Kebutuhan Tubuh

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Beberapa orang dapat mempertahankan energi dan kesehatan dengan pola makan yang lebih jarang dibandingkan dengan yang lain.

2. Pengaruh Gaya Hidup

Gaya hidup seseorang dapat memengaruhi pola makan. Misalnya, mereka yang menjalani rutinitas diet tertentu, seperti puasa intermittent, mungkin merasa lapar secara periodik.

3. Stres dan Kesehatan Mental

Stres bisa saja menghilangkan selera makan. (pexels)
Stres bisa saja menghilangkan selera makan. (pexels)

Stres atau masalah kesehatan mental dapat mempengaruhi nafsu makan. Beberapa orang dapat kehilangan selera makan saat menghadapi situasi stres atau tekanan mental.

4. Efek Hormonal

Hormon-hormon tertentu, seperti ghrelin (hormon lapar) dan leptin (hormon kenyang), dapat memainkan peran dalam mengatur nafsu makan. Ketidakseimbangan hormonal dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap rasa lapar.

5. Kebiasaan Makan

Pola makan yang nggak teratur atau kebiasaan makan tertentu dapat memengaruhi bagaimana tubuh memberikan sinyal lapar. Misalnya, makan camilan sepanjang hari bisa mengurangi intensitas rasa lapar.

Apa yang Harus Dilakukan?

1. Pantau Pola Makan

Perhatikan pola makanmu. Jika kurangnya nafsu makan nggak disertai dengan penurunan energi atau kesehatan yang buruk, mungkin itu adalah respons alami tubuhmu.

2. Perhatikan Kesehatan Mental

Jika kurangnya nafsu makan terkait dengan stres atau masalah kesehatan mental, penting untuk mencari dukungan dan bantuan profesional.

3. Jangan Abaikan Nutrisi

Meskipun kamu mungkin jarang merasa lapar, pastikan asupan nutrisimu tetap mencukupi. Pilih makanan berkualitas tinggi untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

4. Konsultasikan dengan Profesional Kesehatan

Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang kurangnya nafsu makan atau perubahan pola makan yang signifikan, berkonsultasilah dengan profesional kesehatan. Mereka dapat membantu menilai apakah ada masalah kesehatan yang mendasarinya.

5. Pentingnya Keseimbangan

Penting untuk mencari keseimbangan. Terlalu banyak atau terlalu sedikit makan, serta ketidakseimbangan nutrisi, dapat mempengaruhi kesehatan jangka panjang.

Ingatlah bahwa setiap individu unik, dan apa yang dianggap sebagai "normal" dapat bervariasi.

Jika perubahan pola makan kamu mengkhawatirkan atau memengaruhi kesehatanmu secara keseluruhan, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan pandangan yang lebih mendalam.

Kalau kamu tim jarang lapar apa lapar terus nih, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved