BerandaHits
Rabu, 30 Nov 2022 19:55

Cara Benar Mencuci Bantal Berdasarkan Jenisnya

Cara Benar Mencuci Bantal Berdasarkan Jenisnya

Bantal dan guling adalah salah satu barang penting yang harus dicuci secara rutin agar nggak jadi sarang bakteri. (Pixabay/Pexels)

Kalau seprai selalu kamu ganti tiap dua minggu sekali agar tempat tidurmu senantiasa bersih, apa kabar dengan bantal dan gulingnya? Bayangkan bantal dan gulingmu itu nggak pernah dicuci berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun?

Inibaru.id - Tempat tidur adalah tempat ternyaman kita saat kelelahan atau sedang ingin sendiri. Bagi kaum rebahan, jam demi jam berlalu tanpa terasa karena kasur, bantal dan guling seolah melarangnya untuk beranjak.

Jadi, menjaga agar “singgasana” itu tetap bersih adalah kewajiban. Caranya nggak sekadar mengganti seprai dan sarung bantal secara rutin lo. Bantal-bantal kesayanganmu juga butuh dicuci. Malas mencuci bantal hingga berbulan-bulan, jangan heran jika bantalmu akan menjadi sarang kuman, bakteri, debu dan jenis kotoran lainnya.

Nggak hanya itu, dampak yang lebih serius dari bantal yang kotor adalah menyebabkan munculnya jerawat di wajahmu, menjadi sarang tungau atau memicu alergi. Wah, jangan sampai, deh!

Nah, biar semua hal buruk itu nggak terjadi, kamu kudu mencuci bantal senggaknya enam bulan sekali. Bagaimana caranya, simak langkah-langkah berikut ini, ya!

Bersihkan Bantal Sebelum Mencuci

Sebelum mencucinya, baiknya kamu membersihkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Jangan lupa pukul-pukul bantal agar debu yang menempel berkurang.

Jika kamu menggunakan vacuum cleaner akan lebih bagus. Alat itu berguna untuk menyedot debu dan menarik tungau yang menempel di bantal.

Perhatikan Jenis Bantal

Cara mencuci bantal dakron, bulu dan busa nggak sama. Salah caranya bisa-bisa bantalmu menjadi rusak. (Pixabay/Ambermb)
Cara mencuci bantal dakron, bulu dan busa nggak sama. Salah caranya bisa-bisa bantalmu menjadi rusak. (Pixabay/Ambermb)

Ada beberapa jenis bantal yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Ada juga bantal yang sebaiknya dicuci manual atau menggunakan tangan. Jadi, sebelum memutuskan mencuci menggunakan apa, kamu harus memperhatikan jenis bahan bantalnya. Pisahkan bantal berbahan dakron, busa atau bulu karena penanganannya berbeda-beda. Informasi tentang bahan bisa kamu lihat pada label yang menempel di bantal.

Mencuci dengan Mesin

Mesin cuci bisa digunakan untuk mencuci bantal berisi dakron dan bulu. Tapi ada sedikit perbedaan dari dua bahan ini. Bantal dakron hendaknya kamu cuci menggunakan air hangat di mesin cuci. Tambahkan sedikit detergen lembut dan pilih putaran rendah selama sepuluh menit agar nggak robek.

Bilas bantal dakron menggunakan air dingin untuk menghilangkan residu sabun pada bantal. Oiya, nggak disarankan mengeringkan bantal menggunakan mesin karena akan merusaknya.

Sama halnya dakron, mencuci bantal bulu juga disarankan menggunakan air hangat dan sedikit detergen. Mencuci bantal bulu boleh menggunakan putaran berkekuatan medium dan mengeringkan menggunakan mesin. Jangan lupa saat menjemurnya gunakan jari-jari untuk meratakan gumpalan isi bantal sekaligus mereggangkannya.

Mencuci dengan Tangan

Bantal guling yang bersih membuat kualitas tidurmu semakin baik. (Pexels/Ivan Obolensky)
Bantal guling yang bersih membuat kualitas tidurmu semakin baik. (Pexels/Ivan Obolensky)

Jenis bantal yang harus dicuci dengan tangan adalah bantal busa. Jika ada noda menempel pada bantal busa kamu bisa menggunakan air yang telah dicampur sabun. Gosok lembut bantal busa sampai noda yang menempel hilang. Setelah itu bilas dengan kain lembab agar lapisannya nggak robek.

Agar benar-benar bersih dan nggak lembap pastikan kamu menjemur di bawah sinar matahari hingga kering sempurna sampai serat paling dalam, ya! Jika sudah kering, bantal-bantal kesayanganmu siap untuk dipeluk kembali. (Ber/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved