Tips Mengatasi Aroma Tak Sedap di Rumah

Tips Mengatasi Aroma Tak Sedap di Rumah
Rumah bau bisa diatasi dengan rutin membuang sampah dan melakukan hal-hal berikut ini. (Freepik/Katemangostar via Tempo)

Rumah yang memiliki aroma yang tak sedap, bisa membuat kita merasa tak nyaman, mual, bahkan hingga malu jika ada keluarga atau tamu yang berkunjung. Berikut ini tips mengatasi aroma tak sedap di rumah.

Inibaru.id - Rumahku surgaku, begitu kata orang tentang nyamannya berada di rumah. Tapi masihkah rumah dianggap sebagai surga jika aromanya nggak sedap?

Yap, aroma di dalam rumah itu sangat mempengaruhi kenyamanan para penghuninya. Rumah yang bersih dan wangi bisa membuat penghuni betah dan merasa rileks. Namun apabila rumah berbau, sudah pasti dapat mengusik kenyamanan dan kesehatan.

Bukan cuma itu, bau nggak banget ini bisa bikin kita malu ketika ada tamu berkunjung. Karena itu, menjaga rumah tetap bersih dan wangi sangat disarankan. 

Beberapa sumber bau biasanya berasal dari tempat sampah, kamar mandi, saluran air, dan dapur. Berikut ini beberapa cara alami untuk menghilangkan bau nggak sedap di rumah.

1. Bersihkan wastafel dapur

Wastafel dapur menjadi tempat untuk menampung sisa makanan atau kotoran. Ini yang bikin bau muncul mengingat sisa makanan menjadi salah satu sumber bau jika nggak dibersihkan dengan saksama.

Untuk mencegah bau, bersihkan wastafel minimal seminggu sekali. Ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menuangkan secangkir baking soda ke saluran pembuangan, tambahkan secangkir cuka putih, biarkan selama 5 menit. Setelah itu, tuang air mendidih ke dalam saluran.

Cara lain, taruh kulit lemon di atas wastafel dan guyur dengan air mendidih. Sari lemon bisa menghasilkan aroma segar.

2. Bikin pengharum instan

Di pasaran memang banyak pengharum instan, tapi kalau bisa bikin sendiri kenapa nggak dicoba? Betul nggak, Millens? Malah, kamu bisa menghemat mengingat membeli pengharum nggak cukup satu kali.

Beberapa bahan yang bisa kamu pakai sebagai pengharum instan adalah kayu manis, kulit jeruk atau lemon. Kamu juga bisa menggunakan beberapa tetes esens vanila. 

3. Hilangkan bau pada karpet

Bersihkan karpet secara rutin. (Freepik/Pressfoto via Kompas)
Bersihkan karpet secara rutin. (Freepik/Pressfoto via Kompas)

Karpet di ruang tamu atau kamar tidur bisa menjadi sumber bau. Kebersihannya harus selalu dipantau mengingat ia menjadi pijakan sehingga berpotensi kotor. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mencampurkan secangkir baking soda dengan satu sendok makan kayu manis bubuk. Kemudian, taburkan di atas karpet dan biarkan selama satu jam. Terakhir, bersihkan seluruhnya dengan vacuum cleaner.

4. Letakkan sepatu di luar ruangan

Tips berikutnya untuk menghilangkan bau di dalam rumah adalah meletakkan sepatu di luar ruangan. Tapi, jika cara ini sulit dilakukan, kamu bisa menyimpan sepatu di dalam rumah dengan membersihkannya terlebih dulu. Setelah itu simpan dalam wadah tertutup.

Membersihkan sepatu nggak sulit kok. Cukup dengan memasukkan sepatu ke dalam kantong plastik, tutup rapat, dan diamkan selama semalaman. Cara lain yaitu dengan mencampurkan dua sendok teh minyak esensial dengan dua cangkir air lalu semprotkan ke sepatu, biarkan hingga kering.

5. Nyalakan lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi adalah cara paling mudah untuk membuat rumah menjadi harum. Tinggal nyalakan lilin di tempat yang diinginkan dan ruangan wangi seketika. O ya, kamu juga bisa menempatkan beberapa batang lilin tanpa dinyalakan di dalam lemari atau laci untuk menjadikan pakaian wangi. 

6. Bersihkan udara

Terdapat dua cara utama untuk membersihkan udara di dalam rumah. Pertama, dengan menempatkan tanaman di dalam ruangan untuk memurnikan udara dan menyaring racun jahat. Sebagai tambahan kamu juga dapat menempatkan tanaman herbal wangi, seperti rosemary atau mint yang diletakkan di sepanjang jendela.

Gimana, Millens, siap luangkan waktu buat bebersih seharian ini atau cuma mau rebahan nih? (Kom/ MG44/E05)