inibaru indonesia logo
Beranda
Pasar Kreatif
Bisnis Waralaba, Menguntungkan Asal Tahu Caranya
Sabtu, 25 Mar 2023 11:09
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Ilustrasi: Mengetahui model bisnis perusahaan adalah hal pertama yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menjadi mitra waralaba. (kabarbumn)

Ilustrasi: Mengetahui model bisnis perusahaan adalah hal pertama yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menjadi mitra waralaba. (kabarbumn)

Dalam berbisnis, kamu harus lebih dulu mempelajari seluk beluknya, termasuk waralaba. Meski kebanyakan sudah mempunyai pola dan rencana bisnis, kamu tetap harus tahu cara menjalankan bisnis ini. Inilah beberapa cara menentukan jenama waralaba agar kamu mendapatkan untung.

Inibaru.id - Si jago matematika yang kini tengah menjadi idola sebagian anak muda Indonesia, Jerome Poline, lagi-lagi viral. Kali ini pemberitaan dan obrolan di dunia maya sedang menyoroti bisnis waralaba miliknya.

FYI, Jerome memiliki bisnis minuman bernama Menantea yaang berdiri pada April 2021. Untuk mengembangkan usahanya, Selebgram sekaligus Youtuber itu menerapkan konsep waralaba. Sayangnya, Menantea dituduh sebagai bisnis yang nggak bikin untung, malah mengarah pada scam alias penipuan.

Sebuah akun di Twitter mengatakan, mitra Menantea memerlukan modal hingga Rp400 juta tapi keuntungan minim. Bahkan ada outlet yang hanya menjual lima gelas per hari.

Nah, terlepas dari benar atau nggaknya kabar tentang penipuan yang dituduhkan kepada Menantea milik Jerome Poline, ada baiknya kita mengetahui sedikit tentang bisnis waralaba atau juga disebut franchise itu.

Jika kamu tertarik membeli salah satu jenama waralaba, ada beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan, Millens. Mengutip dari CIMB Niaga pada Jumat (24/3/2023), inilah pertimbangan-pertimbangan yang harus ada saat kamu memutuskan untuk memiliki franchise.

Model Bisnis Perusahaan

Ilustrasi: Jika bisnis franchise memiliki produk yang relevan, kesempatanmu untuk bisa sukses dalam persaingan pasar menjadi lebih besar meskipun terdapat banyak pesaing. (Istimewa)
Ilustrasi: Jika bisnis franchise memiliki produk yang relevan, kesempatanmu untuk bisa sukses dalam persaingan pasar menjadi lebih besar meskipun terdapat banyak pesaing. (Istimewa)

Nggak langsung mengadopsi bisnis perusahaan, kamu harus tahu dulu model bisnis dan cara menjalankannya. Perlu kamu tahu, nggak semua model bisnis perusahaan relevan dengan kebutuhan di era modern ini. Jika menurutmu kurang dalam beberapa sisi, alihkan ke jenis atau badan usaha lain.

Sejarah Finansial

Sebelum membeli lisensi bisnis franchise, lakukan riset terlebih dahulu pada sejarah finansial bisnisnya. Jangan tergoda oleh perusahaan menawarkan keuntungan dari peluang waralaba, karena nggak semua layak untuk diambil.

Lihatlah apakah perusahaan itu bisa membuktikan diri sebagai badan usaha yang sukses? Bila rekam jejak pemilik waralaba jelek, kamu perlu tempatkan prioritas pada badan usaha yang lebih berkualitas.

Tingkat Persaingan

Jika kamu hendak membeli lisensi bisnis franchise dari badan usaha yang populer, coba pertimbangkan soal persaingannya. Setelah itu, pikirkan pula soal produknya relevan atau nggak.

Pasalnya, jika bisnis franchise memiliki produk yang relevan, kesempatanmu untuk bisa sukses dalam persaingan pasar menjadi lebih besar meskipun terdapat banyak pesaing.

Nah, dengan mengetahui hal-hal tersebut, kamu nggak akan buta sama sekali saat memutuskan untuk berbisnis waralaba ya, Millens. Bagaimana, sudah siap untuk menjadi pengusaha? (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Minat Bisnis Franchise? Eits, Cek Ini Dulu Biar Nggak Boncos.

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved