inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mengenal 4 Keju Asli Indonesia
Minggu, 30 Jun 2024 16:43
Penulis:
Bagikan:
Keju khas Indonesia dibuat dengan cara tradisional yang unik. (Horego)

Keju khas Indonesia dibuat dengan cara tradisional yang unik. (Horego)

Siapa bilang kalau keju makanan khas Barat saja? Nyatanya, bangsa kita mengenal keju asli Indonesia yang dibuat dengan cara tradisional. Apa saja ya keju khas Indonesia tersebut?

Inibaru.id – Jika membahas tentang keju, yang terpikir biasanya adalah makanan khas Barat. Maklum, dari segi rasa dan bentuk, memang sangat berbeda dari makanan-makanan tradisional Indonesia.

Tapi, kamu tahu nggak kalau sebenarnya ada 4 keju asli Indonesia? Yap, kamu nggak salah baca, ada keju tradisional khas Tanah Air, lo!

Belum ada kejelasan tentang kapan manusia menemukan keju. Namun, bukti terlama bahwa manusia sudah membuat keju pada 5.500 Sebelum Masehi ditemukan di Kuyavia, Polandia. Setelah itu, keju banyak dikenal di peradaban Yunani dan Romawi kuno.

Meski nggak ada temuan jelas tentang seperti apa sejarah keju di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, nyatanya ada 4 keju asli Indonesia yang bisa kamu coba. Apa saja ya keju-keju tersebut? Simak baik-baik, deh.

1.       Keju Indrakila khas Jawa Tengah

Keju Indrakila. (@gastrofundamental)
Keju Indrakila. (@gastrofundamental)

Siapa sangka, orang Jawa Tengah yang lebih akrab dengan kuliner dengan rasa manis dan pedas ternyata juga punya keju khasnya sendiri. Keju indrakila namanya. Keju ini bisa kamu temui di Boyolali, Jawa Tengah. Meski begitu, jangan kira keju ini sudah eksis sejak lama. Keju Indrakila baru benar-benar diproduksi secara massal pada 2009 sebagai cara untuk memaksimalkan produksi susu Boyolali yang memang melimpah.

Yang pasti, keju Indrakila masih diproduksi dengan cara tradisional sehingga cita rasa dan kesegarannya tetap terjaga, Millens.

2.       Keju Senduro khas Jawa Timur

Keju senduro terbuat dari susu kambing. (The Grapevine)
Keju senduro terbuat dari susu kambing. (The Grapevine)

Keju Senduro khas Jawa Timur cukup unik karena terbuat dari susu kambing, bukannya susu sapi sebagaimana keju pada umumnya. Kalau kamu penasaran dengan keju yang satu ini, boleh lo datang ke Kabupaten Lumajang.

Ada dua jenis keju yang disediakan Keju Senduro, yaitu keju mozzarella yang dikenal kenyal dan mudah meleleh dan soft cheese dengan tekstur mirip tahu namun memiliki aroma yang khas. Kamu lebih suka yang mana nih?

3.       Keju Dangke khas Sulawesi Selatan

Keju dangke khas Sulawesi Selatan. (Getradius)
Keju dangke khas Sulawesi Selatan. (Getradius)

Yang ini lebih unik lagi, karena terbuat dari susu kerbau. Tapi, terkadang ada juga produsen keju dangke yang memakai bahan susu sapi. Yang pasti, proses pembuatannya cukup unik karena susunya direbus pada suhu paling rendah 70 derajat Celsius. Alhasil, keju dangke pun punya kandungan air cukup banyak dan teksturnya cukup padat.

Yang lebih unik, keju dangke kerap dikonsumsi masyarakat Enrekang, Sulawesi Selatan bersama dengan nasi, lo. Kebayang nggak seperti apa rasanya?

4.       Keju Dadiah khas Sumatera Barat

Keju dadiah khas Sumatera Barat. (Indonesia Kaya)
Keju dadiah khas Sumatera Barat. (Indonesia Kaya)

Keju dadiah yang memakai bahan utma susu kerbau dibuat di dalam batang bambu yang ditutup dengan daun pisang. Proses pembuatannya yang unik ini membuatnya memiliki rasa asam yang kuat. Masyarakat Sumatera Barat biasa mengonsumsinya dengan kuah beras merah dan emping beras.

Dari semua keju khas Indonesia ini, mana nih yang pengin banget kamu coba, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved