inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tips Memahami Tanggal Kedaluwarsa Makanan Kemasan
Minggu, 14 Mei 2023 13:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Memahami makna kode tanggal kadaluwarsa. (Dikemas.com)

Memahami makna kode tanggal kadaluwarsa. (Dikemas.com)

Ada banyak kode tanggal kadaluwarsa yang tertera pada produk makanan dan minuman seperti Best Before, Exp, dan lain-lain. Sebenarnya, apa sih makna dari kode-kode tersebut?

Inibaru.id – Setiap kali membeli minuman atau makanan kemasan, kamu biasanya akan melihat tanggal kadaluwarsa. Masalahnya, tanggal kadaluwarsa ini terkadang ditulis dengan kode yang berbeda. Ada yang ditulis dengan tulisan “Exp Date”, “Best Before”, dan lain-lain. Sebenarnya, apa sih beda dari kode tanggal kadaluwarsa tersebut?

Mengingat tanda kadaluwarsa tersebut sangat penting karena menandakan kapan makanan atau bahan makanan masih layak untuk dikonsumsi, sebaiknya kamu pahami dulu deh artinya. Berikut adalah penjelasan terkait kode tanggal kadaluwarsa makanan tersebut.

Kode Tanggal Kadaluwarsa “Best Before”

Kode “Best Before” terkadang juga ditulis dalam kata Bahasa Indonesia, yaitu “Sebaiknya Digunakan Sebelum”. Makna dari kode ini adalah kondisi dari makanan, minuman, atau bahan makanan berada dalam kondisi terbaik sebelum tanggal yang tertera setelahnya. Biasanya, yang memakai kode tanggal kadaluwarsa ini adalah produk makanan beku, makanan kering, serta makanan kalengan.

Lantas, bagaimana jika makanannya sudah melampaui tanggal tersebut? Biasanya sih masih bisa dikonsumsi dengan aman. Tapi, kualitasnya nggak sebaik saat sebelum tanggal yang tertera. Jadi, rasanya, aroma, atau teksturnya sudah nggak lagi sama.

Kode Tanggal Kadaluwarsa “Exp”

Tanggal kadaluwarsa dengan kode Exp menandakan makanan sudah basi jika melampaui tanggal tersebut. (Gizigo.id)
Tanggal kadaluwarsa dengan kode Exp menandakan makanan sudah basi jika melampaui tanggal tersebut. (Gizigo.id)

Sebenarnya, versi dari kode tanggal kadaluwarsa ini cukup banyak. Ada yang berupa “Exp”, “Expires By”, serta “Expiration Date”. Makna dari kode-kode ini sama, yaitu kalau makanan atau minuman sudah melampaui tanggal tersebut, sebaiknya dibuang saja karena sudah nggak lagi layak untuk dikonsumsi.

Bagaimana jika saat kamu akan mengonsumsi makanan, ternyata tanggal kadaluwarsanya adalah hari itu? Sebenarnya sih, kalau memang aroma, tekstur, hingga rasanya masih baik, boleh-boleh saja dikonsumsi karena hari itulah masa akhir kamu bisa mengonsumsinya. Tapi, jika saat kamu cek aroma atau rasanya aneh, sebaiknya dibuang saja, deh.

Kode “Sell By” dan “Use By”

Istilah “Sell By” bukan ditujukan bagi pembeli, melainkan bagi penjual tingkat hilir. Intinya, sebaiknya produk makanan atau minuman hanya dijual sampai pada batas tanggal yang tertera. Nah, kalau sudah melampaui tanggal, sebaiknya segera ditarik dari peredaran agar tidak membahayakan konsumen.

Menariknya, sebenarnya pada tanggal yang dimaksud, produknya biasanya masih layak untuk dikonsumsi. Tapi, kalau kamu pengin mengonsumsinya, sebaiknya dicek dulu kondisinya.

Sementara itu, istilah “Use By” menandakan bahwa produknya sebaiknya nggak lagi dikonsumsi setelah melewati tanggal yang tertera karena biasanya sudah nggak lagi layak dikonsumsi. Oleh karena itulah, biasanya yang memakai kode tanggal kadaluwarsa ini adalah produk daging atau salad siap saji.

Selalu perhatikan tanggal kadaluwarsa pada produk makanan atau minuman agar kamu bisa mengonsumsinya dalam kondisi yang aman, ya? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved