inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Olahraga yang Cocok untuk si Darah Rendah
Selasa, 31 Jan 2023 17:00
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Renang adalah salah satu olahraga yang cocok untuk penderita darah rendah. (Freepik)

Renang adalah salah satu olahraga yang cocok untuk penderita darah rendah. (Freepik)

Nggak semua olahraga cocok dilakukan oleh orang yang menderita darah rendah. Olahraga yang cocok antara lain renang, lari, jalan cepat, dan yoga.

Inibaru.id - Ada gerakan tertentu yang biasanya dihindari oleh mereka yang mengalami darah rendah. Gerakan merubah postur tubuh secara tiba-tiba adalah salah satunya. Gerakan itu bisa membuat kepala pusing, penglihatan kabur, mual dan darah rendah kambuh.

Karena alasan itu juga penderita darah rendah nggak bisa sembarangan melakukan berbagai jenis olahraga. Padahal, olahraga bermanfaat untuk mengobati darah rendah. Olahraga juga diyakini bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Nah, agar tetap sehat, nggak berolahraga bukanlah solusinya, ya. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis olahraga yang tepat.

Berikut adalah rekomendasi untukmu yang mengidap darah rendah dan ingin berolahraga dengan tenang tanpa kambuh.

Renang

Olahraga cardio yang bersahabat untuk penderita darah rendah adalah berenang. Tak perlu berlama-lama, bagi yang baru memulai, bisa mengalokasikan waktu 30 menit. Namun, nggak masalah jika kurang dari waktu tersebut. Gerakan saat berenang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Berlari

Gerakan saat lari dapat memperlancar sirkulasi darah. (istock)
Gerakan saat lari dapat memperlancar sirkulasi darah. (istock)

Gerakan dalam aktivitas berlari bisa memperlancar sirkulasi darah dan mengurangi risiko turunnya tekanan darah. Ada baiknya, orang dengan kondisi hipotensi berlari bersama orang lain demi menghindari penglihatan kabur atau hilang kesadaran.

Berjalan Cepat

Rutin jalan cepat lebih baik ketimbang terlalu memaksakan durasi yang lama. (Freepik/Onlyyouqj)
Rutin jalan cepat lebih baik ketimbang terlalu memaksakan durasi yang lama. (Freepik/Onlyyouqj)

Dalam temuan Framingham Heart Study, 636 partisipan yang berjalan 1.000 langkah setiap harinya memiliki tekanan darah sistolik lebih rendah 0,45. Artinya, seseorang yang berjalan 10.000 langkah setiap hari memiliki tekanan darah lebih rendah 2,25 poin ketimbang yang berjalan setengahnya.

Frekuensi dan durasi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Lebih baik durasi singkat, namun rutin ketimbang terlalu memaksakan durasi yang justru membuat kewalahan.

Yoga

Lakukan olahraga yoga bersama instruktur agar tahu posisi mana saja yang aman.  (Pixabay/Jeviniya)
Lakukan olahraga yoga bersama instruktur agar tahu posisi mana saja yang aman. (Pixabay/Jeviniya)

Ada banyak jenis yoga yang cocok untuk penderita darah rendah. Tentu, sebaiknya lakukan yoga bersama dengan instruktur agar tahu posisi mana saja yang aman.

Biasanya, posisi dengan kepala lebih rendah dari jantung seperti downward facing dog rentan menimbulkan sakit kepala. Kenali bagaimana reaksi setiap gerakan pada tubuh kamu agar tahu celahnya.

Itulah beberapa pilihan olahraga untuk kamu yang menderita darah rendah. Jangan kapok berolahraga agar tubuh selalu sehat, ya! (Siti Khatijah/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved