inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Mendongeng, Cara Kenalkan Nilai Moral pada Anak
Kamis, 9 Mei 2024 18:00
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Mendongeng menjadi media yang efektif untuk membentuk karakter dan menanamkan nilai moral pada anak usia dini. (Radar Banyumas)

Mendongeng menjadi media yang efektif untuk membentuk karakter dan menanamkan nilai moral pada anak usia dini. (Radar Banyumas)

Bukan cuma menghibur, mendongeng juga dapat menjadi investasi jangka panjang dalam pengenalan nilai moral pada anak. Diharapkan, guru PAUD memiliki skill mendongeng yang mumpuni terlebih karena mengajar anak dengan usia periode emas.

Inibaru.id – Meski terkesan sederhana, namun kegiatan mendongeng juga merupakan bagian penting dari pembentukan karakter anak. Mendongeng menjadi salah satu metode efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa dan literasi pada anak usia dini.

Musofa, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Wonosobo menjelaskan bahwa cerita-cerita menarik nggak hanya membawa anak-anak dalam petualangan imajinatif, tetapi juga memberikan mereka kosakata baru, pemahaman tentang struktur narasi, dan nilai-nilai moral yang penting.

“Penguatan literasi melalui mendongeng, merupakan langkah strategis dalam mempersiapkan SDM berkualitas. Anak-anak yang terbiasa mendengar cerita sejak usia dini, memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik, daya imajinasi yang lebih kuat, dan memiliki landasan moral yang kokoh untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” ujarnya, pada acara Workshop Mendongeng bagi Guru PAUD se-Kabupaten Wonosobo di Gedung Korpri, Selasa (7/5/2024).

Workshop mendongeng ini diikuti oleh 667 guru PAUD dari berbagai sekolah di Kabupaten Wonosobo. Mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam mendongeng agar dapat menjadi fasilitator yang lebih efektif dalam meningkatkan literasi anak-anak di kelas.

Sebanyak 667 orang mengikuti Workshop Mendongeng bagi Guru PAUD se-Kabupaten Wonosobo di Gedung Korpri, Selasa (7/5/2024).
Sebanyak 667 orang mengikuti Workshop Mendongeng bagi Guru PAUD se-Kabupaten Wonosobo di Gedung Korpri, Selasa (7/5/2024).

Musofa menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah positif menuju masyarakat yang lebih cerdas, kreatif, dan berbudaya literasi. Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah, pendidik, dan masyarakat, penguatan literasi melalui mendongeng akan menjadi landasan kuat bagi pembentukan SDM berkualitas yang siap bersaing di era globalisasi.

“Semoga workshop ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi baru dalam melanjutkan perjuangan kita, dalam mempersiapkan SDM berkualitas bagi masa depan Kabupaten Wonosobo yang lebih gemilang,” imbuhnya.

Dyah Afif Nurhidayat, Bunda PAUD Wonosobo menegaskan bahwa usia dini merupakan periode emas dalam perkembangan anak. Oleh karena itu, pendidik PAUD memiliki peran dan tanggung jawab penting dalam membentuk dasar-dasar pendidikan anak sejak usia dini.

“Mendongeng adalah investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat besar bagi kemajuan pendidikan dan pembangunan di Kabupaten Wonosobo,” katanya.

Selain menyenangkan, ternyata mendongeng memiliki manfaat yang nggak bisa dianggap remeh, ya Millens? Meski bukan guru PAUD, sepertinya kita juga harus mengasah skill mendongeng nih. (Siti Zumrokhatun/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved