inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Paduan Unik Kopi Daun Bawang, Berani Coba?
Kamis, 9 Mei 2024 11:19
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Spring onion latte adalah kopi yang dicampur dengan irisan daun bawang. (Instagram)

Spring onion latte adalah kopi yang dicampur dengan irisan daun bawang. (Instagram)

Benarkah semua yang viral di media sosial harus kita coba? Kalau iya, cobalah minuman kopi daun bawang! Rasakan paduan unik tersebut dan putuskan apakah kamu mau meminumnya lagi atau nggak!

Inibaru.id - Minuman kopi memiliki banyak penggemar karena karakternya yang kuat. Dicampur dengan beberapa bahan seperti susu, telur, rempah, atau krim, secangkir kopi masih terasa nikmat. Tapi apa jadinya jika campuran dalam kopi adalah bahan yang nggak pernah kita duga, yaitu daun bawang?

Dari segi aroma dan rasa, daun bawang adalah salah satu bahan makanan yang juga memiliki karakter yang kuat dan cenderung menyengat. Lazimnya, daun bawang ada pada masakan dengan rasa gurih atau asin seperti sup, capcay, dan bubur ayam.

Nah, di Tiongkok, sajian kopi dengan daun bawang sempat viral dan memiliki penggemar tersendiri. Kopi yang diberi nama spring onion latte alias latte daun bawang itu berupa daun bawang yang diiris kecil lalu dicampurkan ke dalam kopi.

Spring onion latte dibuat dengan menaruh potongan daun bawang ke dasar gelas, kemudian ditambahkan es batu, susu, dan kopi. Ada pula penjual yang sedikit menekan-nekan daun bawang ke dasar gelas agar sari-sarinya keluar sebelum dituangi campuran kopi. Selanjutnya taburan daun bawang cincang pun ditata di atasnya sebagai topping. Jumlahnya nggak main-main alias banyak.

Selain cara tersebut, ada pula yang membuat spring onion latte hanya dengan campuran kopi susu dan potongan daun bawang sebagai topping.

Setelah viral di daratan Tiongkok, minuman yang juga dikenal dengan sebutan scallion latte, green onion latte, atau spring onion coffee itu juga merambah ke Vietnam dan Indonesia. Kalau kamu amati di media sosial, sudah ada beberapa influencer atau konten kreator yang menjajal minuman unik ini.

Karena Tren Dark Cuisine

Minuman kopi daun bawang merupakan bagian dari tren dark cuisine. (Tiktok @chinesewithmia)
Minuman kopi daun bawang merupakan bagian dari tren dark cuisine. (Tiktok @chinesewithmia)

Kopi dan daun bawang adalah dua bahan yang sudah nggak asing bagi kita. Tapi, jika keduanya dicecap dalam satu kesempatan, apakah lidah akan bisa menerima? Kamu pasti penasaran, kenapa ada minuman seperti itu?

Dilansir dari laman MS News dan Enanyang, Selasa (7/5/2024), rupanya perpaduan nggak biasa itu menjadi bagian dari tren dark cuisine. Secara harfiah istilah tersebut berarti masakan gelap.

Di Negeri Tirai Bambu, dark cuisine berarti makanan yang menguji kepekaan seseorang. Biasanya makanan ini terdiri atas kombinasi makanan yang aneh, sekaligus menantang gagasan konvensional tentang apa yang dianggap sebagai makanan yang menarik.

Sebelum kemunculan es kopi daun bawang, ada kopi tiram khas Guangdong, latte kaldu sapi Ningxia, nasi kopi di kafe Shanghai, latte kecap asin, dan century egg yang ditambahkan ke kopi.

Lalu, apa pendapat mereka yang sudah mencoba kopi daun bawang? Menurut, TikToker asal Tiongkok, es kopi tersebut memiliki rasa yang unik.

"Spring onion coffee ini memiliki cita rasa yang unik, ada perpaduan pahit dari kopinya dengan sentuhan pedas dari campuran daun bawangnya," katanya.

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa spring onion coffee memiliki manfaat kesehatan karena mengandung sumber energi dan kalsium.

Wah, minuman ini benar-benar terbuat dari kombinasi bahan yang "nggak nyambung" ya, Millens? Jika kamu adalah penyuka kuliner ekstrem atau suka coba-coba, maka nggak ada salahnya mencicipi kopi viral ini. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved