inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Lakukan Hal Ini Jika Perut Kembung Karena Kebanyakan Makan
Minggu, 3 Des 2023 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Perut kembung setelah makan. (Yesdok)

Ilustrasi: Perut kembung setelah makan. (Yesdok)

Pengin segera mengobati perut kembung karena kebanyakan makan? Lakukan deh hal-hal berikut ini.

Inibaru.id – Makanan terasa sangat memuaskan sampai-sampai perut kamu kembung karena makan kebanyakan? Tenang, kamu nggak sendirian, kok. Hal ini wajar terjadi pada semua orang.

Meski bisa membuat badan terasa nggak nyaman, begitu sistem pencernaan mampu melakukan fungsinya dengan baik, lambat laun gas di dalam perut juga akan bisa dikeluarkan dan perutmu akan terasa nyaman kembali.

Meski begitu, biar kondisi badanmu semakin nggak karuan saat perut sedang kembung-kembungnya, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini sebagaimana yang dilansir dari Medical News Today dan Healthline ini, Millens. Simak baik-baik, ya?

1.       Perhatikan Minumanmu

Sebanyak apapun makanan yang kamu makan, kamu pasti pengin minum. Alasannya, tubuh ingin membuat saluran pencernaan jadi lebih mudah dilalui makanan yang “mengantre” dalam jumlah banyak. Jika nggak minum, tentu saluran pencernaan jadi lebih “seret” dan perut pun akan terasa semakin nggak nyaman.

Tapi, bukan berarti kamu bisa minum sembarangan. Kalau yang diminum adalah minuman bersoda, bakal membuat gas di dalam perut bertambah dan perutmu jadi semakin kembung, deh. Sebaiknya kamu minum air putih saja yang lebih aman dan sehat.

2.       Sebaiknya Nggak Merokok Setelah Makan

Jangan merokok setelah makan. (Freepik)
Jangan merokok setelah makan. (Freepik)

Banyak orang yang sulit menghilangkan kebiasaan merokok setelah makan. Padahal, kalau kamu melakukannya dalam kondisi perut kembung, bakal membuat kondisi ini jadi semakin parah, lo. Soalnya, tanpa disadari, saat merokok, banyak udara yang tertelan dan masuk ke dalam saluran pencernaan. Akhirnya, kembung jadi semakin parah deh.

3.       Gerakkan Badan

Saat perut kembung karena kekenyangan, badan terasa “mager” dan bawaannya pengin bersantai melulu, ya, Millens? Tapi, sebaiknya kamu nggak melayani rasa malas ngapa-ngapain ini. Jika pengin perut segera terasa nyaman, cobain deh lakukan olah raga sederhana seperti jalan kaki santai.

Gerakan olah raga santai ini bisa merangsang pergerakan usus dan akhirnya membuat laju makanan di dalam saluran pencernaan jadi lebih lancar. Dampaknya, perut jadi nggak lagi kembung dan kamu nggak akan mudah mengalami sembelit.

4.       Minum probiotik

Kalau perut terasa nggak nyaman karena kebanyakan makan, cobain deh minum probiotik. Nggak hanya membuat keseimbangan bakteri baik di perut terjaga, probiotik juga mampu membantu mengatasi masalah perut kembung. Tapi, jangan meminumnya kebanyakan, ya?

Yang pasti, di lain waktu sebaiknya kamu nggak makan terlalu banyak karena bisa membuat perutmu nggak nyaman. Makan secukupnya saja sudah bisa membuatmu puas kok. Apalagi jika makanan itu favoritmu. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved