inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Kapan Busana Bahan Jeans Bisa Dicuci?
Minggu, 10 Des 2023 15:02
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Mencuci celana jeans. (Shutterstock/Wachiwit)

Ilustrasi: Mencuci celana jeans. (Shutterstock/Wachiwit)

Punya celana jeans atau jaket jeans yang sudah sering dipakai? Kepikiran nggak kapan kamu bakal segera mencucinya?

Inibaru.id – Kamu punya busana jeans seperti celana jeans, jaket jeans, atau jenis busana lain dari bahan yang dikenal awet dan tahan lama itu, Millens? Pernah nggak kepikiran apakah kamu sering mencucinya atau nggak? Biasanya sih, busana ini memang bisa dipakai hingga berkali-kali sebelum akhirnya dicuci, ya?

Busana jeans terbuat dari denim, serat yang dikenal tahan lama, nggak mudah kotor, nggak mudah berbau, dan bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Oleh karena itulah, kamu seperti merasa tidak masalah untuk memakai celana jeans atau jaket jeans hingga beberapa hari atau beberapa minggu.

Meski begitu, tampilan yang bersih bukan berarti menandakan bahwa busana jeans-mu nggak kotor. Kalau menurut Reader’s Digest pada Jumat (31/3/2023), jarang mencuci busana jeans memang bukan hal yang buruk. Tapi, kamu juga harus paham kapan harus mencucinya.

Menurut Rowan Page-Brennan dari Indigo Wild, kalau kamu selalu mencuci jeans begitu dipakai sekali, bisa bikin busana tersebut jadi cepat rusak. Dia pun lebih menyarankanmu untuk mencucinya setelah tiga sampai 10 kali dipakai. Meski begitu, jika busana jeans-mu sangat kotor karena terkena lumpur, oli, atau kotoran lain yang mencolok dan nggak mudah untuk dihilangkan, ada baiknya segera dicuci.

Selain itu, kamu harus rutin mengecek busana jeans-mu dengan cara melihatnya atau mencium aromanya. Kalau aromanya sudah nggak sedap, menandakan bahwa busana tersebut sudah dipenuhi dengan bekas keringat atau kotoran lainnya sehingga sebaiknya harus segera dicuci. Kalau nggak, bisa jadi pas dipakai malah bikin nggak nyaman dan gatal-gatal, deh.

Perhatikan Jenis Bahan Busana Jeans-mu

Kamu bisa mencuci celana jeans jika memang sudah sangat kotor. (Trhiftyfun)
Kamu bisa mencuci celana jeans jika memang sudah sangat kotor. (Trhiftyfun)

Selain mengecek apakah busana jeans-mu memang sudah perlu dicuci atau nggak, ada hal lain yang bisa menentukan seberapa sering busana jeans-mu perlu dicuci, yaitu jenis bahan yang dipakai.

Kalau kamu cermat, busana jeans nggak selalu sama ketebalannya, kelenturannya, atau warnanya. Tapi, intinya jeans bisa dibagi menjadi dua yaitu denim kaku dengan bahan 100 persen katun, serta jeans stretch yang merupakan canpuran dari bahan katun, lycra, atau spandex

Busana jeans denim kaku bakal cenderung mengendur setelah dipakai. Hal ini membuatmu bisa mencucinya setelah beberapa kali dipakai. Sementara itu, denim stretch cenderung tetap mempertahankan bentuknya meski sudah dikenakan berkali-kali. Kamu pun lebih disarankan untuk mencucinya jika memang sudah benar-benar kotor.

“Yang pasti, mencuci jeans terlalu sering bisa mengubah bentuknya dan warnanya. Kalau lebih jarang dicuci, setidaknya sifat serat dan umur jeansmu jadi lebih awet. Jadi, sebaiknya kamu nggak terlalu sering melakukannya,” saran Sarah Ahmed dari DL1961.

Gimana, apakah busana jeans-mu sudah kotor atau berbau? Kalau iya dan sudah kamu kenakan berkali-kali sebelumnya, mungkin inilah saat terbaik untuk mencucinya, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved