BerandaHits
Rabu, 18 Jan 2023 11:00

Jenazah Buruh Migran Asal Kendal Fitri Yunani Dipulangkan Besok

Jenazah Buruh Migran Asal Kendal Fitri Yunani Dipulangkan Besok

Ilustrasi: Jenazah Fitri Yunani akan dipulangkan dari Malaysia pada Kamis (19/1/2023). (Thinkstock)

Fitri Yunani, seorang buruh migran asal Kendal meninggal dunia di Malaysia beberapa hari lalu. Setelah mengurus administrasi, keluarga Fitri mendapatkan kabar bahwa jenazah akan dipulangkan ke Indonesia Kamis (18/1/2023).

Inibaru.id - Sejak mendapat kabar sekitar 10 hari yang lalu tentang kematian Fitri Yunani di Malaysia, Hartatik belum bisa merasa lega. Sebab, kabar soal kepulangan jenazah adiknya tersebut masih belum jelas.

FYI, Fitri Yunani, perempuan 33 tahun asal Desa Medono, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah dikabarkan meninggal akibat terjatuh dari apartemen beberapa hari lalu. Buruh migran yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di Selangor, Malaysia itu meninggalkan kampung halamannya untuk mengadu nasib setahun lalu.

Hartatik, sang kakak, berusaha memenuhi segala urusan administrasi agar jenazah Fitri bisa segera dipulangkan. Sempat pasrah karena jenazah nggak kunjung tiba di Indonesia, akhirnya sekarang kabar baik pun datang.

Jenazah Fitri Yunani akan dipulangkan dari Malaysia pada Kamis (19/1/2023). Pemulangan jenazah difasilitasi Pemerintah Indonesia dalam hal ini KBRI Kuala Lumpur serta agen yang mengurus pemulangan jenazah.

Melansir dari Radioidola, Selasa (17/1) Hartatik menjelaskan, jenazah akan diterbangkan dari Kuala Lumpur Malaysia menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang Banten kemudian ke Jakarta.

“Tadi pagi (Selasa-Red) agen yang mengurus jenazah di Malaysia memberi kabar kepada keluarga bahwa jenazah akan dipulangkan dari Kuala Lumpur ke Jakarta pada hari Kamis (19 Januari-Red),” kata Hartatik, Selasa (17/01).

Selanjutnya, jenazah dari Jakarta akan dipulangkan ke Kota Semarang pada hari Jumat (20/1). Kemudian, pemulangan dari Semarang ke rumah duka di Desa Medono Boja akan turut dibantu Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) UPT Semarang Jawa Tengah.

Nggak Dipungut Biaya

Proses pemulangan jenazah Fitri dari Malaysia hingga ke Boja, Kendal nggak dikenai biaya. (Radioidola/Dok.Keluarga Fitri Yunani)
Proses pemulangan jenazah Fitri dari Malaysia hingga ke Boja, Kendal nggak dikenai biaya. (Radioidola/Dok.Keluarga Fitri Yunani)

Rangkaian proses pemulangan jenazah Fitri dari Malaysia hingga ke Boja, Kendal nggak dikenai biaya. Hal itu diungkapkan oleh pihak Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) UPT Semarang Jateng.

“Mereka menyampaikan bahwa akan membantu proses pemulangan dari semarang ke rumah. Selain itu, pihak BP2MI juga menyampaikan tidak ada biaya apapun,” ujar lulusan Universitas Negeri Semarang (UNNES) itu.

Selain itu, Hartatik sekeluarga juga diminta oleh pihak Kepolisian Daerah Jawa Tengah untuk berhati-hati dengan orang yang mengaku akan membantu jika nggak disertai surat tugas atau dokumen.

Ucapan Terima Kasih

Rasa lega dan syukur tengah dirasakan Hartatik dan seluruh kerabat Fitri Yunani atas kebaikan semua pihak yang telah membantu kepulangan jenazah adik tercintanya itu.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Indonesia dalam hal ini KBRI Kuala Lumpur, agen yang mengurus pemulangan jenazah, BP2MI, Polda Jateng, Pak Kepala Desa Medono Joko Suko Sarono, bunda Mega (Tangerang), dan semua orang yang membantu yang tak bisa saya sebut satu per satu. Intinya kami sangat berterima kasih atas doa, bimbingan, dan dukungan dari semua pihak. Tak lupa ,keluarga yang turut menguatkan dan mendoakan,” ujarnya.

Semoga proses pemulangan jenazah besok Kamis (19/1) berjalan lancar ya, Millens. Selain itu, semoga keluarga yang ditinggalkan selalu kuat dan tabah. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved