inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Jangan Biarkan Jamur Hitam Mengganggu Kesehatanmu!
Kamis, 29 Feb 2024 11:47
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Jamur hitam atau ketapang selain menggangu keindahan juga bisa mengganggu kesehatan. (Shutterstock)

Jamur hitam atau ketapang selain menggangu keindahan juga bisa mengganggu kesehatan. (Shutterstock)

Nggak enak badan yang sering kamu alami bisa jadi akibat adanya jamur hitam di ruanganmu. Jangan biarkan jamur tersebut semakin lebar. Atasi dengan langkah berikut ini!

Inibaru.id - Kamu pernah mengalami nggak enak badan dalam waktu lama tapi nggak tahu sebabnya? Hal itu mungkin saja terjadi bukan karena kamu nggak menjaga pola hidup sehat atau makan sembarangan. Sebab lain yang nggak pernah terduga adalah adanya jamur hitam yang menempel di dinding-dinding kamarmu.

Jamur hitam itu disebut juga black mold atau ketapang. Keberadaannya di sekitar kita bisa memicu alergi atau asma. Jika kita menghirup atau terpapar balck mold dalam waktu lama berpotensi mengalami iritasi kulit, infeksi, bahkan keracunan.

Menurut Medical News Today, orang yang terpapar jamur hitam akan menunjukkan gejaala antara lain hidung berair, mata merah, batuk kering, ruam kulit, sakit tenggorokan, radang selaput lendir, sesak napas, kelelahan, dan penurunan berat badan.

Bayi dan anak kecil yang terpapar jamur akan berisiko terkena asma pada umur 7 tahun. Selain itu, jamur ini juga dapat menimbulkan penyakit serius, seperti kebutaan, disfungsi organ, kerusakan jaringan tubuh, bahkan berpotensi mematikan.

Wow, akibatnya nggak main-main ya, Millens? Nah, itulah kenapa kita harus benar-benar waspada dengan adanya ketapang ini.

FYI, jamur hitam tumbuh cepat dan menyebar dalam permukaan dengan kelembaban lebih dari 70 persen. Jamur ini membutuhkan oksigen dan suhu antara 4 hingga 37 derajat Celsius, serta sumber makanan berupa permukaan yang ditempati.

Jamur hitam membutuhkan suhu dan kelembaban yang hangat agar bisa tumbuh dan menyebar. Biasanya, ia akan tumbuh di permukaan yang mengandung senyawa selulosa, seperti kertas, kayu, atau dinding gipsum. Lokasi yang sering ditumbuhi jamur ini seperti atap bocor, kamar mandi, ruang bawah tanah, atau dinding yang sering terkena banjir.

Cara Mengatasinya

Ilustrasi: Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala yang timbul disebabkan oleh adanya jamur hitam di ruanganmu. (Istimewa)
Ilustrasi: Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala yang timbul disebabkan oleh adanya jamur hitam di ruanganmu. (Istimewa)

Jika kamu mendapati black mold di rumah, segera lakukan pembasmian, Millens. Dikutip dari Kompas (8/5/2023), beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan titik-titik jamur hitam itu adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan dengan Pemutih

Dilansir dari Spruce, bersihkan area yang ditempati jamur hitam dengan digosok menggunakan larutan klorin atau pemutih. Untuk permukaan kayu, tambahkan sabun cuci piring dalam larutan tersebut.

2. Backing Soda atau Boraks

Selain pemutih, baking soda dan boraks memiliki pH tinggi yang akan menghambat pertumbuhan jamur. Caranya, teteskan campuran air dan backing soda atau boraks ke lap, kemudian gunakan untuk menggosok area yang berjamur.

3. Bersihkan Area Lembab

Untuk mencegah jamur hitam tumbuh, bersihkan area rumah yang lembab. Perbaiki atap bocor dan pasang dehumidifier. Menyalakan pemanas ruangan dan AC juga dapat mengurangi tingkat kelembapan.

4. Cuka

Menurut Homes and Gardens, cuka putih mampu membersihkan jamur yang sudah tumbuh hingga bawah permukaan suatu area. Bahan dapur ini akan tembus untuk membunuh jamur dan lumut dari akarnya, serta mencegahnya tumbuh kembali.

5. Jus Lemon

Lemon bukanlah senjata terkuat melawan jamur hitam. Namun, jusnya membuat ruangan lebih segar. Untuk membersihkan jamur hitam, jus tiga hingga lima buah lemon dan tuangkan ke area berjamur. Biarkan selama lima menit, lalu bersihkan dengan handuk basah.

Sebelum badan kita terasa nggak baik-baik saja, yuk segera bersihkan dinding-dinding kamar dari serangan jamur hitam! (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved