inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Ini Kelebihan dan Kekurangan Pasang Pintu Geser di Kamar Mandi
Minggu, 10 Des 2023 17:42
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Pintu geser di kamar mandi. (Rumah.com)

Pintu geser di kamar mandi. (Rumah.com)

Selain pintu engsel, kini mulai banyak orang yang memilih untuk memasang pintu geser di kamar mandi. Salah satu alasannya, untuk menghemat ruang.

Inibaru.id – Di negara-negara Asia Timur, bukan hal aneh melihat pintu geser di kamar mandi. Sebenarnya sih, pintu geser ini juga bisa ditemui untuk ruangan lain seperti kamar tidur atau gudang. Tapi, pernah terpikir nggak kalau pintu geser ini juga diaplikasikan di kamar mandi yang ada di rumah-rumah Tanah Air?

Selain karena masalah budaya, ada hal lain yang membuat pintu geser banyak dipakai di rumah-rumah atau di Asia Timur, yaitu sempitnya ruangan yang ada di rumah-rumah atau apartemen yang berlokasi di kota besar. Dengan memakai pintu geser, setidaknya, mereka bisa menghemat ruang jika dibandingkan dengan memakai pintu-pintu engsel. Ruangan di kamar mandi ataupun di sekitarnya pun jadi terasa lebih luas.

Selain faktor tersebut, ada hal lain yang jadi keuntungan jika kita memakai pintu geser di kamar mandi, yaitu:

1. Pintu geser cenderung lebih mudah dipakai dan lebih aman bagi orang lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, serta anak-anak. Mereka bisa membuka dan menutup pintu dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan pintu engsel.

2. Dengan perencanaan yang tepat, pintu geser bisa dipasang sedemikian rupa sehingga permukaan lantai di bawahnya tetap datar sehingga mudah untuk dipakai siapa saja, termasuk penyandang disabilitas.

Meski begitu, jika nggak direncanakan dengan baik, penggunaan pintu geser di kamar mandi juga bisa memberikan kerugian seperti sebagai berikut:

Pintu geser di kamar mandi bisa menghemat ruang. (Bogorinside)
Pintu geser di kamar mandi bisa menghemat ruang. (Bogorinside)

a. Proses pemasangannya bisa jadi lebih lama dari pemasangan pintu engsel. Apalagi jika tukang yang memasangnya belum punya pengalaman. Oleh karena itulah, kamu harus memastikan tukangnya sudah pernah memasangnya sehingga tidak mengalami masalah saat melakukannya.

b. Beberapa jenis bahan pintu geser lebih mahal dari pintu engsel biasa.

c. Jika nggak ditutup rapat, insulasi suara dari kamar mandi nggak berfungsi dengan baik. Hal ini tentu bisa membuat pengguna kamar mandi merasa nggak nyaman, apalagi jika sedang buang air.

Kini, cukup banyak pintu geser untuk kamar mandi yang tersedia di pasaran. Bahannya juga bermacam-macam. Tapi, karena dipakai di tempat yang cenderung lembap, pilihlah pintu geser dari bahan-bahan yang tahan dengan kelembapan seperti plastik atau aluminium.

Setelah melihat keuntungan dan kerugian dari penggunaan pintu geser di kamar mandi ini, apakah kamu juga tertarik untuk menggunakannya di rumahmu, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved