inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Sisi Lain Keindahan Gunung Selok Cilacap, Jadi Tempat Mengharap Doa Terkabul
Sabtu, 2 Des 2023 20:06
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Gunung Selok Cilacap. (Mamikeren)

Gunung Selok Cilacap. (Mamikeren)

Gunung Selok Cilacap dikenal memiliki keindahan alam luar biasa. Tapi, di sana juga ada Gua Rahayu yang kerap disambangi orang yang pengin doanya terkabul. Seperti apa sih tempat wisata yang satu ini?

Inibaru.id – Wisata Cilacap lebih dari sekadar Pulau Nusa Kambangan, Benteng Pendem, atau Pantai Teluk Penyu. Di sana, ada sejumlah tempat wisata lain yang nggak kalah menarik. Salah satu di antaranya adalah Gunung Selok.

Meski memiliki embel-embel gunung, sebaiknya kamu nggak terkecoh dulu dan menganggap tempat wisata ini ada di ketinggian. Nyatanya, Gunung Selok nggak jauh dari Pantai Sodong dan masuk dalam wilayah Desa Adipala, Kecamatan Adipala. Alih-alih disebut gunung, sebenarnya Selok lebih cocok disebut sebagai bukit.

Untuk mencapai bukit tersebut, wisatawan harus melalui sebuah jembatan yang sengaja dibangun agar mereka bisa lewat meski air laut sedang pasang. Nah, begitu mencapai Gunung Selok, kamu bakal mendapati bahwa area tersebut memiliki kurang lebih 40 gua. Nah, dari banyaknya gua yang ada di sana, ada satu yang paling terkenal, yakni Gua Rahayu.

Di Gua Rahayu yang memiliki kedalaman sekitar 100-200 meter, kamu bisa melihat ada sesajen dan kendi yang sengaja ditempatkan di dekat dengan batu besar. Di dekat dengan sesajen tersebut, terdapat air yang mengalir dari langit-langit gua.

“Airnya berasal dari akar pepohonan yang ada di atas Gunung Selok. Banyak orang percaya airnya bisa jadi obat. Makanya banyak yang datang ke sini untuk minum atau mandi dengan air ini,” ucap juru kunci Gua Rahayu Trisno Jember sebagaimana dikutip dari Cnn, Rabu (4/5/2022).

Gunung Selok dan mulut Gua Rahayu jika dilihat dari Pantai Sodong. (Tribunnews/Pingky)
Gunung Selok dan mulut Gua Rahayu jika dilihat dari Pantai Sodong. (Tribunnews/Pingky)

Nah, batu besar yang ada di dekat tempat sesaji juga dianggap punya tuah. Banyak orang yang punya hajat, khususnya yang pengin mendapatkan jabatan politik tertentu yang sengaja menginap di sana untuk melakukan ritual di batu yang dikenal dengan nama Eyang Kencana Wati tersebut.

“Ada yang pengin jadi lurah, bupati, gubernur, atau sekadar pengin pangkatnya meningkat datang dan berdoa ke sini. Ada yang sampai semalaman nggak tidur dan muter-muteri batu ini,” jelas Trisno.

Tapi, bukan berarti semua wisatawan yang datang ke sana adalah mereka yang punya hajat, ya. Nyatanya, ada banyak lo wisatawan yang hanya datang untuk menikmati pemandangan alamnya.

Maklum, di atas Gunung Selok, kamu bisa melihat keindahan Pantai Sodong dan Laut Selatan Jawa dari ketinggian. Pemandangan di sisi lain gunung ini juga nggak kalah cantik, yaitu hamparan sawah serta pepohonan cemara yang hijau. Cocok banget buat healing di akhir pekan bersama dengan keluarga, teman, atau kekasih.

Menarik banget ya, Millens, Gunung Selok Cilacap. Kalau sedang berada di sana, jangan ragu deh untuk mampir. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved