Jalur Kereta Terpanjang di Dunia, Butuh Seminggu untuk Melewatinya

Jalur Kereta Terpanjang di Dunia, Butuh Seminggu untuk Melewatinya
Trans Siberian, jalur kereta terpanjang di dunia. Jalurnya membentang dari utara Jepang ke Moscow di Eropa. (Flickr/ Boccaccio1)

Pernah terbayang nggak naik kereta di jalur terpanjang di dunia yang membentang dari Asia Timur ke Eropa? Pemandangan alamnya juga sangat luar biasa, lo. 

Inibaru.id – Perjalanan dengan menggunakan kereta api bisa memberikan sensasi tersendiri, Millens. Hal ini disebabkan oleh jalur kereta api yang berbeda dengan jalan raya. Terkadang, jalur ini menyajikan pemandangan yang indah baik itu di ketinggian atau di dataran rendah. Nah, kira-kira di mana ya jalur kereta terpanjang di dunia?

Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan, jalur kereta di Indonesia tentu nggak panjang, ya Millens. Bahkan, hanya baru ada jalur kereta jarak jauh di tiga pulau, yakni Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Khusus untuk di Jawa, kamu bisa saja naik kereta dari provinsi terbarat di Jawa, Banten, hingga ke Jawa Timur.

Sementara itu, jalur di Sumatra masih belum tersambung seutuhnya. Khusus di Sulawesi, jalur keretanya bahkan baru kembali dibuka dan tergolong masih sangat pendek jika dibandingkan dengan jalur-jalur kereta di Jawa. Rencananya jalur kereta di Sulawesi bakal menyambung Manado di Sulawesi Utara dengan Makassar di Sulawesi Utara. Jaraknya mencapai 2.000 km!

Lantas, di mana ya jalur kereta terpanjang di dunia? Ternyata, jalur ini juga berada di negara terbesar di dunia, yakni di Rusia. Saking panjangnya, jalur kereta yang dikenal sebagai Trans Siberian bahkan mencapai 9.289 km, lo. Kamu bahkan bisa mengawali perjalanan di Vladivostok yang ada di utara Jepang dan berakhir di Moscow yang sudah masuk wilayah Eropa.

Pembangunan jalur kereta sudah dilakukan dari 1891 sampai 1916 saat Rusia masih di bawah Kekaisaran Tsar Alexander III dan kemudian dilanjutkan anaknya Tsar Nicholas II.

Jalur kereta The Canadian bisa ditempuh selama 3 hari. (Flickr/

Marty Bernard)
Jalur kereta The Canadian bisa ditempuh selama 3 hari. (Flickr/ Marty Bernard)

Menariknya, mulai 2021 ini, jalur kereta ini diperluas sehingga menyentuh wilayah-wilayah dari Mongolia, Tiongkok, dan Korea Utara. Bahkan, ada rencana membangun jembatan dari Vladivostok ke Kepulauan Sakhalin, lalu dilanjutkan ke Hokkaido di Jepang, hingga kemudian berlanjut Tokyo.

Perjalanan kereta api Trans Siberian sering diburu wisatawan karena dianggap mampu menyajikan pemandangan indah dan sisi lain dari Rusia yang sangat berbeda dari yang biasa kita lihat di wilayah Eropa layaknya Moscow atau St Petersburg. Sebagai contoh, wilayah pedesaan dan hutan-hutan di Siberia Selatan sangatlah indah, apalagi jika dilewati saat Musim Semi yang penuh bunga, musim gugur saat daun berubah warna, dan musim dingin yang penuh salju.

Nah, jalur kereta terpanjang kedua di dunia ada di Kanada. Namanya adalah The Canadian dan jarak tempuhnya mencapai 4.465 km. Jalurnya membentang dari Vancouver yang ada di Samudera Pasifik ke Toronto yang sudah berbatasan dengan Amerika Serikat.

Beda dengan jalur kereta Trans Siberia yang ditempuh selama sekitar 6 hari, jalur The Canadian membutuhkan waktu perjalanan selama 3 hari.

Tertarik melakukan perjalanan di jalur kereta terpanjang di dunia, Millens? (Bob/IB09/E05)