inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Uniknya Satai Ambal Khas Kebumen, Disiram Saus Tempe!
Sabtu, 27 Apr 2024 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Satai ambal khas Kebumen. (Shutterstock/Szefei)

Satai ambal khas Kebumen. (Shutterstock/Szefei)

Beda dengan satai pada umumnya yang disiram kuah saus kacang, satai ambal khas Kebumen justru disiram saus tempe. Seperti apa ya kelezatannya?

Inibaru.id – Ada banyak sekali varian tempe yang bisa kamu temui di Indonesia. Setiap jenis tempe punya keunikannya tersendiri. Nah, salah satu yang paling menarik adalah satai ambal khas Kebumen, Jawa Tengah.

Mengapa bisa unik? Hal ini disebabkan oleh penggunaan sausnya yang beda dari satai-satai pada umumnya. Kebanyakan satai disiram dengan bumbu kacang. Tapi, khusus untuk satai ambal, yang dipakai adalah saus tempe rebus.

Selain itu, kabarnya ada 12 jenis bumbu rempah yang dipakai untuk merendam daging satai ambal selama 2 jam sebelum ditusuk dan disiram saus tempe. Duh, kebayang nggak selezat apa sih rasanya?

Satai ini berasal dari Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Dari pusat kota Kebumen, jaraknya kurang lebih 21 kilometer ke arah tenggara. Lokasinya ada di pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya di Jalan Daendles. Selain populer dengan Pantai Ambal dan Kebun Bunga Pantai Ambal-nya, hal lain yang bikin desa ini populer tentu saja adalah satai ambalnya.

O ya, asal kamu tahu, Desa Ambalresmi dulunya masuk wilayah Kerajaan Mataram. Bahkan, pada zaman dahulu, status Ambalresmi adalah kadipaten, Millens. Tapi, seiring dengan waktu, status wilayah ini berubah hingga akhirnya kini hanya menjadi sebuah desa saja.

Satai ambal Pak Kasman di Desa Ambalresmi. (Google Street View)
Satai ambal Pak Kasman di Desa Ambalresmi. (Google Street View)

Terkait dengan sejak kapan satai ambal dikenal warga Desa Ambalresmi, nggak ada kepastian tahunnya. Yang jelas, yang memperkenalkan kuliner unik ini adalah Sabar Wiryo Taruno. Dia menjajakan satai ini dengan cara dipikul dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Karena rasanya enak, satainya pun banyak peminatnya.

Tapi, popularitasnya baru benar-benar meroket tatkala keturunan Sabar Wiryo Taruno memutuskan untuk meneruskan usaha tersebut. Pada 1987, mereka membuka warung di Jalan Daendles

Sejak saat itu pulalah, banyak warga setempat yang ikut-ikutan berjualan satai ambal di Jalan Daendles. Kebetulan, karena jalan ini adalah jalur utama di pesisir selatan Jawa Tengah, warung penjual satai ambal di sana pun selalu dipenuhi pembeli. Termasuk di antaranya adalah Sate Ambal Pak Kasman yang sudah diangggap sebagai warung legendaris.

Dari setidaknya lima cabang warung Sate Ambal Pak Kasman yang bisa kamu temui di Kebumen dan Purworejo, yang paling populer tentu saja adalah Sate Ambal Pak Kasman Pertama yang bisa kamu temui di Jalan Daendles, Desa Ambalresmi. Kabarnya, di warung yang buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 23.00 WIB ini, kamu bisa mencicipi cita rasa satai ambal yang masih asli.

Hm jadi tertarik nih mencicipi langsung satai ambal khas Kebumen. Kalau kamu, sudah pernah mencobanya belum, nih, Millens? (Arie WIdodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved