inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Jenang Pak Toyo, Oleh-Oleh Banyumas yang Perlu Kamu Coba
Minggu, 19 Nov 2023 11:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Jenang wijen dari Jenang Pak Toyo. (Shopee/Big Go)

Jenang wijen dari Jenang Pak Toyo. (Shopee/Big Go)

Pengin oleh-oleh Banyumas yang beda dan nggak melulu getuk goreng atau nopia saja? Cobain deh Jenang Pak Toyo, Millens.

Inibaru.id – Jika membahas tentang oleh-oleh Banyumas, yang langsung terpikir biasanya adalah getuk goreng. Selain itu, kamu juga bisa membeli nopia. Tapi, kalau kamu pengin oleh-oleh Banyumas yang beda, bisa lo membeli Jenang Pak Toyo.

Industri rumahan pembuatan Jenang Pak Toyo sudah eksis sejak 2004 lalu. Lokasi pabriknya ada di Desa Pekaja, Kecamatan Kalibagor. Selain dikenal warga setempat sebagai pembuat jenang yang enak, tahan lama, dan cocok jadi oleh-oleh, ada hal lain yang membuat jenang ini istimewa, yaitu bahan bakunya. Selain memakai bahan-bahan kelas premium, Jenang Pak Toyo sama sekali nggak memakai bahan pengawet.

Kalau menurut cerita Pak Toyo, dia sudah punya partner dari Banyumas yang mampu menyediakan beras serta gula berkualitas nomor wahid.

Selain itu, dia juga mempertahankan proses pembuatan jenang dengan cara manual, bukannya dengan memakai mesin modern. Alasannya sederhana, cara ini bisa memastikan jenang yang dibuat terjaga cita rasanya.

“Tapi karena proses pembuatannya yang masih manual ini pula, saya nggak bisa melakukan produksi massal setiap hari. Kalau ada pesanan banyak, khususnya pas musim hajatan atau musim mudik, bisa bikin jenang 1 ton sehari. Tapi kalau pas bulan Sura misalnya, pas nggak ada hajatan sama sekali, kami bisa nggak memroduksi jenang secuil pun dalam sehari,” ceritanya sebagaimana dilansir dari Joglojateng, (5/6/2023).

Proses pembuatan Jenang Pak Toyo. (Joglojateng/Septi Arifah)
Proses pembuatan Jenang Pak Toyo. (Joglojateng/Septi Arifah)

O ya, jenang yang diproduksi Pak Toyo ini punya beragam varian, lo. Kamu bisa mencicipi jenang wijen, jenang pandan, jenang jawa, jenang kacang, serta jenang ijo. Tapi, dari semua jenis jenang tersebut, yang paling populer adalah jenang jawa dan jenang wijen.

Jenang-jenang tersebut bisa kamu beli dalam bentuk potongan kecil-kecil. Ada juga yang sudah dibungkus dengan ukuran setengah kilogram dan satu kilogram. Beragamnya varian ukuran ini membuatnya cocok jadi oleh-oleh.

“Kami tetap setia mempertahankan kualitas dan memakai bahan baku terbaik. Makanya banyak orang dari luar dareah selalu membeli jenang dari kami. Kami bahkan sempat mengekspor jenang sampai ke Jerman, lo,” cerita Pak Toyo.

Yap, alasan itulah yang membuat Jenang Pak Toyo dianggap cocok dijadikan oleh-oleh khas Banyumas. Setuju, kan, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved