inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Gampang Ngantuk Setelah Berenang? Ternyata Ini Penyebabnya
Minggu, 19 Nov 2023 13:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ngantuk setelah berenang. (Klikdokter)

Ngantuk setelah berenang. (Klikdokter)

Kamu merasa ngantuk setelah berenang? Ternyata ada penyebabnya, lo. Apa saja, sih?

Inibaru.id – Kamu hobi berenang, Millens? Olah raga yang satu ini memang sangat menyenangkan untuk dilakukan, ya? Apalagi, kamu juga bisa melakukannya di kolam renang, sungai, danau, atau bahkan laut. Tapi, kamu pernah nggak merasa gampang ngantuk setelah berenang? Ternyata, hal ini dialami oleh banyak orang di seluruh dunia, lo?

Kebanyakan orang berpikir kalau olah raga ini memang bisa bikin kita mudah merasa lelah. Karena rasa lelah itulah maka kita kemudian mengantuk setelah berenang. Tapi, menurut informasi yang dirangkum dari Healthline dan WebMD, ada sejumlah alasan khusus yang membuat kita jadi mudah mengantuk setelah melakukannya. Yuk kita Simak alasan-alasan tersebut.

1.       Suhu tubuh menurun

Namanya juga main air, pasti yang dirasakan adalah kesegaran. Apalagi jika kamu berenang di kolam dengan suhu yang cukup dingin. Kerasa banget deh pasti segarnya. Nah, nggak disangka, suhu air yang dingin jadi salah satu alasan utama mengapa kita mengantuk setelah berenang, Millens.

Kok bisa? Jadi begini, karena kita berendam di air dengan suhu yang lebih dingin dari suhu tubuh kita, suhu tubuh kita juga ikut menurun. Ternyata, hal ini bisa membuat tubuh mengeluarkan respons biologis berupa menyiapkan tubuh untuk segera beristirahat. Kita pun jadi lebih mengantuk dan mudah menguap, deh.

Ditambah dengan semua bagian tubuh yang bergerak saat berenang, tubuh pun merasa lelah dan akhirnya membuat senyawa kimia adenosin di dalam tubuh meningkat. Rasa pengin tidur pun jadi semakin kuat.

2.       Efek relaksasi

Ada banyak penyebab tubuh merasa mengantuk setelah berenang. (Hellosehat)
Ada banyak penyebab tubuh merasa mengantuk setelah berenang. (Hellosehat)

Beda dengan saat kita melakukan olah raga di atas permukaan bumi seperti berlari atau bersepeda, saat berenang, kita akan mengalami sensasi melayang dan terbebas dari gravitasi bumi. Hal ini ternyata berefek pada menurunnya tingkat stres pada tubuh.

Apalagi jika kita berenang di tempat yang tenang dan indah, penurunan tingkat stres bakal sangat terasa. Nah, berkurangnya stres ini ternyata bisa bikin kita jadi pengin tidur.

3.       Terlepasnya endorphin

Olahraga ini ternyata bisa membuat tubuh melepas endorphin, semacam neurotransmitter yang bisa menurunkan rasa sakit dan menambah rasa bahagia.

Nah, jika jumlah endorphin di dalam tubuh meningkat, bisa memberikan efek berupa sensasi mengantuk. Kita pun jadi pengin tidur, deh.

Jadi, sudah paham kan mengapa kita mudah ngantuk setelah berenang? Kalau memang benar-benar mengantuk, segera deh memejamkan mata dan nggak memaksakan diri untuk berkendara, ya? Biar nggak bahaya, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved