inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Masjid Baitul Atiq Al Jabbar Jepara, Ingatkan Pengunjung pada Ka'bah di Makkah
Jumat, 5 Jan 2024 12:42
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Masjid Baitul Atiq Al-Jabbar berlokasi di Desa Mulyoharjo, RT 4 RW 4, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. (Kompasiana/Ani Mulyani)

Masjid Baitul Atiq Al-Jabbar berlokasi di Desa Mulyoharjo, RT 4 RW 4, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. (Kompasiana/Ani Mulyani)

Banyak pengunjung yang merasa terharu saat berada di Masjid Baitul Atiq Al Jabbar, Jepara. Sebab, bangunan masjid tersebut menyerupai Ka'bah yang ada di Makkah. Karena itulah, masjid ini nggak pernah sepi dari wisatawan yang datang dari dalam dan luar daerah.

Inibaru.id - Bagi kamu yang suka berkunjung dari masjid satu ke masjid lainnya untuk menunaikan sholat sekaligus mengagumi kemegahan arsitekturnya, sepertinya perlu datang ke masjid yang viral ini. Namanya adalah Baitul Atiq Al-Jabbar. Masjid yang berlokasi di Desa Mulyoharjo, RT 4 RW 4, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara itu populer dalam waktu singkat karena bentuknya yang menyerupai Ka'bah.

Masjid yang baru diremikan pada 28 Desember 2023 lalu itu kini telah menjadi destinasi wisata baru di Jepara. Pengunjungnya nggak cuma masyarakat sekitar tapi juga dari luar kota dan provinsi. Tujuan mereka datang tentu saja ingin melihat masjid yang didesain menyerupai tempat suci yang menjadi kiblat bagi umat Muslim dalam beribadah.

Lalu, siapa yang membangun masjid unik tersebut? Masjid Ka'bah Jepara itu dibangun oleh seorang pengusaha kaya asal Desa Mulyoharjo bernama Sumanto yang kemudian diwakafkan untuk masyarakat.

Dana pembangunan tempat ibadah itu sepenuhnya berasal dari kocek pribadi Sumanto. Bahkan katanya, masjid itu dibuat secara mandiri tanpa kontraktor, melibatkan 12 tukang dan memakan waktu hingga 18 bulan. Sementara, untuk mencetak kaligrafi kiswahnya memakan waktu 6 bulan.

Oh iya, masjid ini terdiri atas dua lantai berbahan granit dan bisa menampung 150 jamaah. Lantai dua dapat digunakan untuk belajar Al-Qur’an anak-anak sekitar. Di bagian luar ada bagian yang menyerupai hajar aswad dan hijr Ismail.

Pengunjung Merasa Terharu

Pengunjung yang datang hampir selalu mengabadikan momentum dengan cara berfoto di depan bangunan Masjid Ka'bah Jepara. (Radarkudus/Nibros Hassani)
Pengunjung yang datang hampir selalu mengabadikan momentum dengan cara berfoto di depan bangunan Masjid Ka'bah Jepara. (Radarkudus/Nibros Hassani)

Dalam membangun Masjid Baitul Atiq Al-Jabbar, Sumanto mengaku nggak memiliki niat apa-apa selain ingin membangun tempat untuk sholat dan membuat orang-orang teringat dengan Ka'bah.

"Saya membangun masjid nggak untuk pamer. Kalau pengunjungnya banyak, ya Alhamdulillah. Syukur-syukur bisa mengangkat nama baik Jepara,"ujarnya, dikutip dari Kompasiana (2/1/2024).

Menurutnya, sejak diresmikan dan viral di media sosial, masjid yang sudah mendapat sertifikat dari pemerintah itu nggak pernah sepi pengunjung. Dilansir dari Radarkudus (26/1/2023), senggaknya dalam sehari ada seribu pengunjung dari dalam maupun luar daerah. Mereka terkesima, berfoto dengan bangunan, bahkan ada yang menitikkan air mata karena terharu dan teringat Ka'bah yang ada di Makkah

“Banyak yang merinding, keluar, nggak berani melihat lama-lama. Terharu seperti masih berada di Makkah tapi nggak mimpi. Ini jadi bikin nostalgia. Jadi penyemangat supaya bisa ke sana (Makkah). Orang yang lihat jadi bersemangat untuk berdoa supaya dipanggil Allah ke sana. Tapi yang pasti (bangunan) aslinya lebih bagus,” kata Sumanto.

Keberadaan masjid ini juga menjadikan berkah bagi masyarakat sekitar. Banyaknya wisatawan yang berkunjung otomatis membuat pedagang-pedagang di sekitar ikut merasakan dampaknya.

Wah, baru diresmikan beberapa waktu lalu saja masjid ini sudah memberikan banyak manfaat ya, Millens? Semoga seiring berjalannya waktu, Masjid Baitul Atiq Al-Jabbar semakin ramai dengan kegiatan ibadah dan selalu menginspirasi pengunjungnya untuk bersemangat menunaikan ibadah haji. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved