BerandaKulinary
Sabtu, 10 Des 2022 11:49

Minyak Hazelnut Memberikan Rasa dan Aroma Khas pada Makanan

Minyak Hazelnut Memberikan Rasa dan Aroma Khas pada Makanan

Minyak yang dihasilkan oleh hazelnut memiliki warna yang mirip seperti emas hingga kuning dengan aroma dan rasa yang sangat pedas saat dirasakan. (Pxhere)

Kamu mungkin jarang menemukan hazelnut diolah menjadi minyak. Tapi, minyak hazelnut jika dicampurkan pada makanan akan memberikan rasa dan aroma yang khas dan lezat.

Inibaru.id - Ada beragam jenis minyak yang bisa digunakan untuk mengolah makanan. Tapi, pernahkah kamu menjumpai minyak hazelnut untuk menggoreng atau memanggang makanan?

Wajar jika kamu merasa asing dengan penggunaan minyak dari kacang-kacangan yang lebih enak diolah menjadi kue cokelat atau dikonsumsi begitu saja ini. Selama ini orang lebih sering menggunakan minyak kelapa, sawit, dan zaitun.

Consumer Reports menjelaskan, trend yang berkembang memperlihatkan bahwa telah terjadi pergeseran terhadap pemakaian minyak goreng yaitu dari jenis standar ke pilihan yang lebih unik yaitu minyak dari wijen panggang, minyak kemiri dan minyak hazelnut. Meskipun kelihatannya aneh, ternyata minyak hazelnut lebih serbaguna dari yang kamu kira.

Seperti banyak minyak kacang lainnya, hazelnut menjalani proses ekstraksi yang serupa. Menurut Oregon Hazelnuts, olahan kacang hazelnut dapat dipanggang atau digiling saja sebelum ditekan secara mekanis untuk mengekstrak minyak dari isi kacang tersebut.

Cairan yang dihasilkan memiliki warna yang mirip seperti emas hingga kuning dengan aroma dan rasa yang sangat pedas saat dirasakan.

Minyak hazelnut sangat cocok dikonsumsi bersama dengan makanan yang manis atau gurih. minyak ini juga memiliki kekuatan untuk mengubah hidangan yang paling menjemukan sekalipun dan cocok untuk dimasukkan sebagai bumbu masak tertentu.

Termahal dan Terbaik di Dunia

Minyak hazelnut dijual dengan harga yang tinggi. Hal itu menjadikannya sebagai salah satu minyak termahal dan terbaik di dunia. (Honestdocs)
Minyak hazelnut dijual dengan harga yang tinggi. Hal itu menjadikannya sebagai salah satu minyak termahal dan terbaik di dunia. (Honestdocs)

Dalam segi harga, jika dibandingkan dengan minyak lainnya, situs Delighted Cooking mencatat bahwa olahan minyak hazelnut sering kali dijual dengan harga yang lebih tinggi. Hal itu menjadikannya sebagai salah satu minyak termahal dan terbaik di dunia.

Seperti kamu saat menggunakan minyak truffle untuk menghias risotto, sayuran panggang, atau tartare, minyak hazelnut juga dapat memberikan sentuhan rasa dan aroma lezat dalam hidangan apapun.

Meskipun demikian, Fine Dining Lovers yang dilansir dari Tasting Table merekomendasikan minyak hazelnut untuk bahan daging dan sayuran. Selain bisa diolesi, kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak zaitun. Terutama saat menyiapkan saus tomat, saus pesto, dan bumbu perendam lainnya, agar mengahasilkan rasa manis dan pedas dari kedua minyak tersebut.

Jika kamu menyukai makanan manis, maka tambahkan sedikit saja minyak aromatik pada jenis makanan yang dipanggang. Hal ini juga berlaku untuk salad buah dan es krim. Namun, jika aroma dan rasa minyak hazelnut terbukti terlalu kuat untukmu, sebaiknya gabungkan dengan minyak yang lebih lembut dan netral untuk menciptakan sedikit keseimbangan rasa.

Kalau di daerah sekitar kita tinggal, kira-kira di mana bisa mendapatkan minyak hazelnut ya, Millens? Kalau sulit dijumpai, sepertinya kita perlu membuatnya sendiri untuk membuktikan kenikmatan minyak ini. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah dimuat di Media Indonesia dengan judul Ini Kelebihan Minyak Hazelnut Dibanding Minyak Lainnya.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved