inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mencicipi Kuliner Legendaris Kudus, Botok Yuyu dan Sayur Keong
Minggu, 24 Des 2023 09:56
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Warung Bu Sumiati menyajikan nasi jagung dan botok yuyu. (Beritasatu/Jamaah)

Warung Bu Sumiati menyajikan nasi jagung dan botok yuyu. (Beritasatu/Jamaah)

Di Warung Bu Sumiati Kudus, kamu bisa mencicipi nasi jagung, botok yuyu, dan sayur keong di warung yang ada di tengah sawah. Kebayang nggak nikmatnya seperti apa?

Inibaru.id – Siapa bilang warung yang jauh dari pusat kota dan berada di kawasan pedesaan nggak menawarkan kuliner yang mantap? Hal inilah yang bisa benar-benar kamu rasakan andai datang ke Warung Bu Sumiati yang ada di Gang 12 Desa Undaan Lor, Kecamaan Undaan, Kabupaten Kudus. Di sana, kamu bisa mencicipi kuliner legendaris Kudus seperti botok yuyu dan sayur keong.

Karena lokasinya yang ada di area persawahan, sudah bisa dibayangkan kan saat makan di warung tersebut, kamu bakal bisa menikmati suara alam dan embusan angin sepoi-sepoi yang menenangkan. Suasana makan pun jadi lebih mantap karena kuliner yang disajikan sangatlah unik seperti nasi jagung, botok yuyu, sayur keong daun singkil, gimbal teri, hingga tumis daun singkong.

“Dari semua menu yang tersedia, yang paling banyak ditanyakan itu nasi jagung botok yuyu,” cerita Sumiati sebagaimana dilansir dari Murianews, Minggu (26/11/2023).

Meski begitu, biasanya pelanggan bakal membeli menu paketan yang terdiri atas nasi jagung, botok yuyu, gimbal teri, tumis daun singkong, dan sayur keong daun singkil. Soalnya, menu dengan lauk melimpah itu hanya dibanderol Rp15 ribu saja per porsi.

“Soalnya kan itu sudah bisa mencicipi semua. Kami juga menyarankan pelanggan membeli paketan saja agar nasi jagungnya terasa jauh lebih enak,” saran Sumiati.

Lokasi Warung Bu Sumiati yang ada di area persawahan. (Googlestreetview)
Lokasi Warung Bu Sumiati yang ada di area persawahan. (Googlestreetview)

Asal kamu tahu ya, yuyu adalah istilah Bahasa Jawa untuk menyebut kepiting darat atau kepiting air tawar. Kepiting ini memang mudah ditemui di sungai atau di sawah-sawah yang ada di Undaan. Nah, daging kepiting yang lembut yang dicampur dengan bumbu rempah yang lezat mampu membuat botok yuyu di warung ini memiliki rasa yang kaya.

Saking menariknya menu penganan yang disediakan di warung ini, Sumiati mengaku sudah terbiasa melihat pelanggan yang datang dari luar kota seperti dari Kota Semarang. Biasanya sih, mereka adalah pelaku wisata kuliner yang penasaran.

“Banyak dari luar kota seperti dari Kota Semarang yang penasaran sama nasi jagung botok yuyu itu,” terangnya sebagaimana dikutip dari Beritasatu, Rabu (13/12).

Karena warung yang sudah dibuka sejak 15 tahun yang lalu ini selalu laris, bukan hal aneh jika Sumiati sampai menyiapkan lebih dari 100 porsi makanan setiap kali akhir pekan. Kalau pas hari biasa, setidaknya dia mampu menyiapkan 50 sampai 70 porsi, Millens.

Hm, jadi penasaran ya seperti apa kenikmatan sego jagung botok yuyu serta sayur keong daun singkil di Warung Bu Sumiati ini. Yuk kapan kita ke Kudus dan wisata kuliner di sana! (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved