inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Sakit Kepala Usai Minum Kopi, Apa Sebabnya?
Rabu, 2 Nov 2022 14:57
Bagikan:
Minum kopi bikin sakit kepala. Mengapa? (Liputan6)

Minum kopi bikin sakit kepala. Mengapa? (Liputan6)

Meskipun suka, ada beberapa orang yang justru sakit kepala usai meminum kopi. Kira-kira apa yang menyebabkan efek ini?

Inibaru.id – Bangun di pagi hari dan menyiapkan secangkir kopi biar mata makin melek ketika kerja merupakan salah satu ritual yang dilakukan sebagian orang. Sayangnya, beberapa di antara mereka pernah merasakan sakit kepala usai minum kopi. Kita-kira kenapa ya?

Memang, kopi bermanfaat untuk meningkatkan imunitas hingga menurunkan berat badan. Tapi, untuk sebagian orang, kopi juga dapat memberikan efek negatif.

Mayo Clinic (12/10) menulis, ternyata kopi dapat menimbulkan efek sakit kepala untuk sebagian orang. Sebaliknya, ada juga orang yang justru sembuh dari sakit kepala setelah minum kopi. Jadi, kafein pada kopi memang dapat menyebabkan kedua dampak tersebut.

Ketika seseorang sakit kepala usai minum kopi, kondisi pembuluh darah membengkak dan mengencang. Ini mengakibatkan aliran darah mengalami peningkatan di sekitar otak. Nah, peningkatan aliran darah ini akan membuat otak menerima pesan rasa sakit. Dampaknya, sakit kepala pun muncul.

Lalu bagaimana dengan orang yang sakit kepalanya mereda usai minum kopi? Begini, kopi mengandung kafein yang bersifat vasokonstriksi. Sifat ini bikin pembuluh darah menyempit untuk membatasi aliran darah, sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Etis, kamu nggak perlu khawatir jika mengonsumsi kafein bersamaan dengan obat pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen atau asetaminofen. Detik (1/11) menulis, kafein ini akan meningkatkan penyerapan dan kekuatan obat untuk memberikan bantuan yang lebih cepat.

Efek Minum Kopi Tergantung Kondisi Tubuh

Kepala bisa sakit usai minum kopi, bisa juga sebaliknya. (Shutterstock/fizkes via Kompas)
Kepala bisa sakit usai minum kopi, bisa juga sebaliknya. (Shutterstock/fizkes via Kompas)

Buat kamu yang sakit kepala setelah minum kopi, ini tergantung pada efeknya saat minuman ini dikonsumsi secara teratur. Kalau konsumsi kopi dihentikan, pembuluh darah justru bisa membesar. Hal ini menyebabkan peningkatan aliran darah di sekitar otak serta memberikan tekanan di sekitar saraf.

Sebagai informasi, kopi juga bisa memicu sakit kepala karena penarikan kafein. Sakit kepala yang dirasakan bisa berlangsung selama beberapa minggu karena tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri tanpa kehadiran kafein.

Terus harus bagaimana jika sakit kepala menyerang usai minum kopi? Sebelumnya, kamu harus memerhatikan berapa banyak kafein yang dikonsumsi dan seberapa besar pengaruhnya.

Kalau kamu sering sakit kepala, cobalah untuk mengurangi asupan kafein secara perlahan dan mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

Hm, jadi kamu tim sakit kepala usai minum kopi atau sakit kalau nggak minum kopi nih, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved