BerandaHits
Minggu, 15 Jan 2023 14:00

Kemenkes Tak Rekomendasikan Jajanan yang Gunakan Nitrogen Cair

Kemenkes Tak Rekomendasikan Jajanan yang Gunakan Nitrogen Cair

Suhu nitrogen cair ini bisa lebih rendah dari minus 100 derajat Celsius. (Antara)

Jajanan chiki ngebul sudah memakan banyak korban anak-anak. Menanggapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan nggak menggunakan nitrogen cair pada pangan siap saji, terutama di jajanan.

Inibaru.id - Sudah banyak cerita kita dengar dari jajanan chiki ngebul atau napas naga. Baru-baru ini, bocah 4,5 tahun di Jakarta mengeluh nyeri perut setelah makan chiki ngebul. Sebelumnya, kasus serupa juga dialami beberapa anak di berbagai wilayah di Indonesia.

Melihat kejadian yang nggak diinginkan tersebut, pasti muncul pertanyaan, sebenarnya jajanan yang juga disebut dengan ice smoke ini aman nggak sih?

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno menyatakan, penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji harus sesuai prosedur. Jika nggak sesuai dengan prosedur standar, bisa menimbulkan gangguan kesehatan atau keracunan makanan.

"Mengonsumsi nitrogen cair dapat menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar, karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh. Bahkan tidak sedikit kasus terparah yang menunjukkan bahwa ice smoke dapat memicu kerusakan internal organ tubuh," terangnya.

Keterangan Sri tersebut selaras dengan pendapat Mantan Direktur WHO Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama. Laki-laki yang kerap disapa Prof Tjandra itu memaparkan bila tubuh langsung terpapar dengan nitrogen cair dapat menyebabkan radang dingin atau 'frostbite'.

Jika zat ini terhirup atau tertelan secara nggak sengaja (accidental inhalation or ingestion) bisa berbahaya bagi tubuh. Sebab, suhu nitrogen cair ini bisa lebih rendah dari minus 100 derajat Celsius.

Mengonsumsi nitrogen cair dapat menyebabkan gangguan saluran dan sistem pernapasan. (Unsplash/Albert Hu)
Mengonsumsi nitrogen cair dapat menyebabkan gangguan saluran dan sistem pernapasan. (Unsplash/Albert Hu)

"Itu dapat menyebabkan gangguan saluran dan sistem pernapasan bahkan sampai asfiksia, dan juga perforasi (luka berlubang) pada saluran cerna, yang semuanya terjadi karena paparan yang amat dingin dari nitrogen cair," tandas Prof Tjandra.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Anas Ma'ruf menyatakan bahwa chiki ngebul bukan makanan yang disarankan.

"Jadi sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan maka kita saat ini merekomenasikan tidak menggunakan nitrogen cair pada pangan siap saji, terutama di jajanan," tegas dr. Anas.

Jadi, meski terlihat menarik karena warna dan sensasi asapnya, sebagai orang dewasa kita hendaknya bisa berhati-hati dan waspada jika akan membelikan anak jajanan ini ya, Millens? (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Medcom dengan judul Kasus Keracunan 'Chiki Ngebul', Ini Tindakan dari Kemenkes.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved