Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Hendi dan Ganjar Janjikan Bantuan

Kebakaran Relokasi Pasar Johar, Hendi dan Ganjar Janjikan Bantuan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menangani kebakaran di relokasi Pasar Johar kota semarang. (Istimewa)

Pada Rabu (2/2/2022) malam, kebakaran terjadi di relokasi Pasar Johar Kota Semarang. Banyak pedagang yang nggak bisa menyelamatkan barang dagangannya. Atas kejadian ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kota Semarang menjanjikan bantuan untuk para pedagang yang terdampak.

Inibaru.id – Warga Kota Semarang, Jawa Tengah dikejutkan dengan kebakaran yang melanda lokasi relokasi Pasar Johar yang ada di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada Rabu (2/2/2022) malam. Setidaknya, ratusan kios di tempat relokasi tersebut dilalap si jago merah.

Saking parahnya kebakaran, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung turun tangan ke lokasi meski baru saja melakukan perjalanan dari Rembang Jawa Tengah. Dia tiba saat api masih berkobar hebat.

Karena banyak penduduk yang menonton kebakaran, otomatis jalanan menjadi macet dan mobil pemadam kebakaran pun kesulitan untuk memasuki lokasi.

Namun, mereka nggak bisa berbuat banyak karena mayoritas adalah para pedagang yang berusaha menyelamatkan dagangannya.

Pedagang Menangis

Sejumlah pedagang terlihat menangis melihat lapak di relokasi Pasar Johar terbakar. Walikota Semarang Hendrar Prihadi atau yang akrab disapa Hendi menjanjikan bantuan untuk para pedagang. 

Janji ini dikuatkan pernyataan Ganjar Pranowo. “Saya minta dicatat siapa korbannya yang ada di los yang terbakar ini. Tadi pak Wali Kota (Semarang, Hendrar Prihadi) sudah bicara dengan saya dan saya minta mempersiapkan kontijensi plan terhadap mereka para pedagang yang menjadi korban. Biar nanti segera dihitung,” minta Ganjar ke Pengurus Pasar dan Lurah Pasar.

Ganjar sudah menghubungi Wali Kota Semarang untuk menangani para pedagang yang jadi korban kebakaran relokasi Pasar Johar. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ganjar sudah menghubungi Wali Kota Semarang untuk menangani para pedagang yang jadi korban kebakaran relokasi Pasar Johar. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Terdengar Ledakan Sebelum Kebakaran

Menurut keterangan Kabid Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy, setidaknya, lebih dari 100 kios terbakar di Blok F1 sampai F9. Namun, diduga awal dari kebakaran ini terjadi di Blok F4 pada sekitar pukul 18.30 WIB.

“(Kios yang terbakar) menjual bawang merah, pakaian, dan sandal,” ujar Kombes Iqbal, Rabu (2/2), malam.

Sejumlah pedagang mengaku mendengar suara ledakan sebelum kebakaran hebat melanda. Setelahnya, api menjalar ke kios-kios pedagang dengan cepat. Namun, apa penyebab ledakan tersebut masih dalam penyelidikan aparat.

Pasar Johar Sudah Siap Ditempati, Namun Nggak Semua Pedagang Sudah Bisa Pindah

Menurut keterangan Ganjar Pranowo, sebenarnya Pasar Johar yang sudah direnovasi memang telah siap untuk ditempati. Namun, nggak semua pedagang bisa pindah karena berbagai faktor. Nah, mereka yang masih berada di tempat relokasi dan jadi korban ini harus jadi prioritas untuk ditangani.

“Kasihan mereka yang belum bisa pindah. Itu yang mesti kita pikirkan terhadap kondisi dagangannya yang terbakar. Pak Wali sudah bicara. Besok kita bicara untuk menentukan skema. Yang penting sekarang padam dulu,” terang Ganjar.

Duh, kebakaran di relokasi Pasar Johar Kota Semarang ini cukup memilukan, ya, Millens. (Det, Kom/IB09/E05)