Begini Cara Beli Solar dan Pertalite dengan MyPertamina

Begini Cara Beli Solar dan Pertalite dengan MyPertamina
Cara membeli Pertalite dengan MyPertamina. (Medcom/Pertamina)

Pemerintah nantinya bakal menerapkan aturan membeli Solar dan Pertalite dengan aplikasi MyPertamina. Seperti apa ya cara untuk menggunakannya?

Inibaru.id – Selain bakal membatasi penjualan Pertalite agar nggak dibeli oleh kendaraan mewah, Pertamina juga mengeluarkan aturan lainnya, yaitu nantinya masyarakat harus membeli BBM solar dan Pertalite dengan apliksai MyPertamina.

Ada asalan kuat mengapa kini kedua jenis BBM tersebut harus dipakai dengan aplikasi, bukannya dengan cara manual seperti biasa. Hal ini didasari oleh aturan pemerintah yang menjadikan Pertalite sebagai BBM penugasan alias disubsidi. Alhasil, kuotanya juga sudah dipatok setiap tahunnya. Nah, pemerintah pun pengin memastikan kalau pengguna Pertalite memang benar-benar yang berhak mendapatkan subsidi.

Pihak Corporate Secretary Petamina Patra Niga SH C&T Irto Ginting mengaku kalau pihaknya masih menentukan seperti apa kriteria pihak yang berhak mendapatkan BBM Pertalite.

“Sesuai revisi Perpres 191, saat ini sedang difinalisasi oleh para regulator,” ungkap Irto, Kamis (9/6/2022).

Satu hal yang pasti, dengan adanya aplikasi MyPertamina, nantinya setiap pembeli harus meng-input data dirinya. Di setiap akun pada aplikasi tersebut, ada ketentuan pembelian BBM-nya. Jadi, pihak Pertamina pun bisa memastikan siapa saja yang berhak membeli Pertalite dan Solar atau yang nggak.

Aplikasi MyPertamina bisa diunduh di ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Aplikasi MyPertamina bisa diunduh di ponsel. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di sisi lain, Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman menyebut pembelian Pertalite MyPertamina nantinya juga bakal memakai teknologi QRIS. Meski begitu, dia belum bisa memastikan seperti apa detail nantinya karena masih dalam proses pematangan regulasi.

Omong-omong, berikut adalah cara untuk membeli Solar dan Pertalite dengan MyPertamina. Simak baik-baik, ya.

·         Pada ponsel pintar kamu, unduh saja aplikasi Mypertamina di Google Play Store. Kalau kamu memakai ponsel iPhone, mengunduhnya di App Store, ya?

·         Kamu tinggal mengisi data diri atau melakukan registrasi.

·         Kalau sudah terbiasa melakukan transaksi cashless, bisa mengaktifkan LinkAja untuk pembayaran.

·         Nah, kalau kamu mau mengisi solar atau Pertalite di SPBU Pertamina, tinggal menunjukkan QR Code yang ada pada aplikasinya.

·         Untuk memastikan konfirmasi pembayaran, tinggal klik tombol ‘Bayar’ di aplikasi.

·         Setelah itu, kamu tinggal memasukkan PINK LinkAja yang kamu punya. Jika sudah benar semua, tinggal klik ‘Continue’.

·         Kamu bakal mendapatkan notifikasi berupa transaksi membeli BBM sudah berhasil dilakukan.

Jadi, sudah siap Millens membeli Solar dan Pertalite dengan MyPertamina? (Cnn/IB09/E05)