inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Selama Ditutup, Pendaki yang Nekat Naik Merbabu Bakal Dikenai Sanksi
Jumat, 24 Mei 2019 15:49
Penulis:
Rera Almira
Rera Almira
Bagikan:
Gunung Merbabu ditutup selama sebulan. (Kesiniaja)

Gunung Merbabu ditutup selama sebulan. (Kesiniaja)

Per 20 Mei 2019, Gunung Merbabu bakal ditutup sementara untuk aktivitas pendakian. Bila ada yang menerobos larangan ini, pendaki itu akan dikenai sanksi.

Inibaru.id – Mulai 20 Mei mendatang, aktivitas pendakian di Gunung Merbabu akan ditutup sementara karena jalur pendakian mengalami kerusakan yang cukup parah. Penutupan itu rencananya bakal berlangsung satu bulan. Bila ada pendaki yang nekat naik selama masa penutupan, pihak pengelola nggak ragu memberikan sanksi.

Pemberlakuan denda ini disiapkan sebagai tindakan preventif mencegah adanya pendaki bandel. Ini dilakukan mengingat gunung setinggi 3.142 mdpl ini adalah lokasi pendakian favorit masyarakat.

“Jadi kita akan interogasi, masuk berita acara, kemudian ada sanksi. Kan sebenarnya ketentuan untuk masuk taman nasional itu ada aturannya sendiri. Kami sebagai pengelola taman nasional, dengan alasan kelestarian bisa kami tutup,” ujar PLH Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Johan Setiawan dilansir dari laman Kompas, Jumat (24/5/2019).

Johan menambahkan sanksi itu bisa berupa denda seperti membayar 10 kali lipat harga tiket bagi pendaki yang baru kali pertama melanggar aturan. Selain itu, terdapat pula sanksi sosial berupa membantu pengelola membersihkan gunung.

Untuk mengantisipasi adanya pendaki yang nekat, pengelola juga akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk berjaga di pintu masuk.

Lebih lanjut, Johan mengatakan nekat menerobos naik Gunung Merbabu saat ditutup malah bisa membahayakan diri pendaki. Pertama, pendaki nggak punya hak asuransi karena nggak membayar tiket. Kedua, bila terjadi sesuatu di gunung, evakuasi akan memakan waktu lebih lama karena nggak ada petugas yang berjaga di atas gunung.

Penutupan di Semua Jalur

Selama periode Lebaran ini, pendakian Gunung Merbabu ditutup di semua jalur. Sejumlah jalur yang ditutup di antaranya Selo (Boyolali), Wekas (Magelang), Cunthel (Magelang), Suwanting (Magelang), dan Thekelan (Semarang).

Nah, bagi sobat Millens yang pengin mendaki Gunung Merbabu, harap bersabar, ya. Sesuaikan jadwal pendakianmu dengan waktu buka Gunung Merbabu. (IB24/E04)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved