inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
5 Karakter Antihero Terkeren di Anime, Ada Favoritmu?
Senin, 13 Mar 2023 18:43
Penulis:
Azzahra Fathiyah
Azzahra Fathiyah
Bagikan:
Lelouch Lamperouge, salah satu tokoh dalam seri anime Code Geass (Alphacoders)

Lelouch Lamperouge, salah satu tokoh dalam seri anime Code Geass (Alphacoders)

Antihero adalah karakter protagonis yang ideologinya bertentangan dengan hero pada umumnya. Meski terkesan nyeleneh, ternyata banyak lo penggemar anime yang menyukai karakter ini. Nah, berikut adalah 5 karakter anti hero terkeren di anime. Siapa saja, ya?

Inibaru.id - Pasti nggak asing kan sama karakter-karakter protagonis anime atau hero yang penuh semangat, baik hati, dan berjuang demi keadilan? Contohnya Naruto, Kamado Tanjiro, Itadori Yuuji, dan masih banyak lagi. Namun, nggak sedikit juga karakter anime yang anti hero, yaitu karakter yang ideologinya bertentangan dengan hero pada umumnya.

Meski bertentangan dengan hero, antihero ini beda dengan villain. Penjelasannya begini, Millens. Kalau hero, bisa dengan mudah dijabarkan sebagai pahlawan yang membela kebenaran dan menjunjung tinggi norma atau moral yang baik. Kalau villain, tentu adalah musuhnya. Dialah yang melakukan kejahatan atau si pembuat onar.

Lalu, bagaimana dengan antihero? Mereka juga membela kebenaran atau minimal nggak ada di sisi kejahatan. Tapi, mereka menerapkan nilai moral yang berbeda. Terkadang, mereka bisa membunuh atau melakukan hal-hal yang terkesan keji, sesuatu yang biasanya nggak akan dilakukan hero-hero sejati.

Meski begitu, antihero ini seringkali lebih terlihat nyata dibandingkan dengan hero yang terkesan terlalu fiksi. Oleh karena itulah, terkadang mereka terlihat jauh lebih keren dan akhirnya disukai banyak penggemar anime di seluruh dunia. Siapa saja ya antihero-antihero tersebut?

Shinya Kougami - Psycho-Pass

Shinya Kougami (Psychopass Fandom)
Shinya Kougami (Psychopass Fandom)

Anime Psycho Pass menceritakan tentang kehidupan masa depan di Kota Tokyo. Saat itu, Jepang menjadi satu-satunya negara yang damai berkat adanya Sybil System, sebuah sistem komputer yang bisa mengukur tingkat kriminalitas seseorang melalui pemindaian (scan).

Shinya Kougami adalah seorang petugas kepolisian di dunia distopia itu. Sayangnya, karena koefisien kriminalnya yang meningkat, ia turun pangkat dari Inspektur menjadi Penegak. Ia pun melakukan tugas sebagai 'anjing pemburu' untuk menangani kasus-kasus kejahatan mengerikan.

Setelah menyelidiki dan mengungkap berbagai fakta, Kougami menjadi terobsesi untuk mengejar Shougo Makishima, dalang di balik rentetan tindak kriminal tak termaafkan di Tokyo. Namun anehnya, Sybil System malah memutuskan bahwa Shougo Makishima tidak bersalah. Gara-gara hal ini, Kougami memutuskan untuk mewujudkan keadilan versinya sendiri, yaitu membunuh Makishima, meski itu artinya menentang hukum dan membuatnya menjadi buronan.

Lelouch Lamperouge - Code Geass

Lelouch Lamperouge (Codegeass Fandom)
Lelouch Lamperouge (Codegeass Fandom)

Ini dia salah satu karakter anti hero yang paling terkenal di jagat anime. Terlahir sebagai seorang pangeran bernama Lelouch vi Britannia, dia punya masa lalu tragis yang membuat sudut pandang pikirannya berbeda dengan banyak orang.

Ibunya dibunuh, adiknya, Nunnally menjadi lumpuh dan buta, sementara ayahnya, sang raja, sama sekali tidak peduli. Sang raja bahkan membuang Lelouch dan adiknya karena dianggap tidak berguna. Oleh karena itulah, Lelouch menyimpan kebencian terhadap bangsanya sendiri, kaum Britannia, yang menjajah bangsa Jepang.

Lelouch dan Nunnally pun menjalani kehidupan baru dengan menggunakan nama belakang Lamperouge. Dikenal jenius, Lelouch malah sering bolos sekolah dan menggunakan kepintarannya untuk berjudi. Pada suatu hari, dia mendapatkan sebuah kekuatan bernama Geass yang bisa membuat orang mematuhi perintahnya. Dengan kekuatan barunya, Lelouch membantai siapa pun yang menghalanginya demi menciptakan dunia yang lebih baik di bawah kekuasaannya.

Ciel Phantomhive - Black Butler

Ciel Phantomhive (Kuroshitsuji Fandom)
Ciel Phantomhive (Kuroshitsuji Fandom)

Yang namanya bikin kontrak sama iblis, pasti harus ada yang dikorbankan. Nah, karakter yang satu ini nggak segan-segan menukarkan jiwanya kepada iblis agar bisa balas dendam. Padahal, dia masih anak-anak, lo.

Setelah seluruh keluarganya dibunuh, Ciel menjadi kepala keluarga Phantomhive dengan bantuan Sebastian, pelayan iblisnya yang setia. Ciel menjadi anak berdarah dingin yang hidup dalam kebencian. Namun, dia tak pernah gentar menghadapi berbagai lawan maupun kejadian supranatural di sekitarnya. Sosok ciliknya yang penuh sisi kelam menambah kesan dark pada anime ini.

Kaito KID - Detective Conan/Magic Kaito 1412

Kaito KID (Detectiveconanworld.com)
Kaito KID (Detectiveconanworld.com)

Masih ingat sosok pencuri yang kerap muncul di serial Detective Conan ini? Sebenarnya, Kaito KID juga punya serial animenya sendiri berjudul Magic Kaito 1412. Di sini, kita bisa melihat dunia dari sudut pandangnya Kaito.

Cerita bermula ketika Kaito Kuroba menemukan sebuah ruang rahasia di rumahnya. Dia mengungkap bahwa almarhum ayahnya adalah Kaito KID sang pencuri permata legendaris. Kaito mulai menyelidiki kematian ayahnya dan organisasi misterius yang diduga terlibat dalam kematian tersebut. Setelah itu, dia pun memutuskan menjadi Kaito KID untuk menemukan Pandora Gem, permata yang dicari organisasi tersebut.

Gara-gara hal ini, Kaito KID sering mencuri permata. Uniknya, jika permata tersebut ternyata bukan Pandora Gem, dia nggak segan-segan untuk mengembalikannya, lo.

Light Yagami - Death Note

Light Yagami dari Death Note. (Deathnote Fandom)
Light Yagami dari Death Note. (Deathnote Fandom)

Terakhir, ada Light Yagami dari serial anime populer berjudul Death Note. Dalam anime ini, jika seseorang menuliskan nama orang lain di dalam Death Note, orang tersebut akan mati. Ngeri banget, ya?

Setelah menemukan Death Note dan memahami cara kerjanya, Light Yagami mulai melakukan pembunuhan dengan memakai nama samaran Kira (berasal dari kata Killer). Niatnya sih baik, yaitu membersihkan dunia ini dari kejahatan dan menciptakan dunia baru. Tapi, Light membunuh tanpa pandang bulu. Entah pelaku kejahatan besar atau kecil, semua dibabat habis. Bahkan, rekan-rekannya sendiri hingga orang lain yang tak berdosa pun ikut dihabisi kalau menghalangi jalannya.

Dari karakter-karakter antihero di anime ini, mana nih yang paling kamu suka, Millens? (Azzahra Fathiyah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved