inibaru indonesia logo
Beranda
Tradisinesia
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul
Sabtu, 13 Mei 2023 08:00
Penulis:
Kharisma Ghana Tawakal
Kharisma Ghana Tawakal
Bagikan:
Ilustrasi: Kanjeng Ratu Kidul merupakan sosok penguasa Laut Selatan dalam mitologi Jawa yang populer di masyarakat pulau Jawa dan Bali. (Istimewa)

Ilustrasi: Kanjeng Ratu Kidul merupakan sosok penguasa Laut Selatan dalam mitologi Jawa yang populer di masyarakat pulau Jawa dan Bali. (Istimewa)

Kebanyakan Masyarakat Jawa menganggap Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul sama. Ternyata keduanya adalah dua entitas yang berbeda. Apa perbedaannya, ya?

Inibaru.id - Pantai Selatan Jawa adalah sebuah kawasan yang dikenal mempunyai tebing batu indah dan ombak yang besar. Konon, di balik keganasan ombaknya ada penguasa Laut Selatan yang memiliki kendali atas ombak di sana.

Nah, penguasa Laut Jawa identik dengan nama Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul. Tapi, kebanyakan masyarakat cenderung menganggap Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul itu sama saja. Padahal fakta keduanya berbeda lo, Millens.

Kanjeng Ratu Kidul

Dikutip dari IDN Times (13/4/2023), mereka memiliki asal-usul yang berbeda. Kanjeng Ratu Kidul merupakan sosok penguasa Laut Selatan dalam mitologi Jawa yang populer di masyarakat pulau Jawa dan Bali. Berdasarkan mitos yang beredar, Kanjeng Ratu Kidul dipercaya sebagai roh suci yang memiliki sifat dan perilaku mulia dan baik hati.

Mitos lain juga yang mengatakan sosok penguasa Pantai Selatan itu memang diciptakan dari Dewi Kaping Telu yang kemudian diberikan peran sebagai Dewi Sri atau juga dikenal sebagai Dewi Padi.

Nggak hanya diberikan tugas sebagai Dewi Padi, Kanjeng Ratu Kidul juga diberikan kekuatan untuk menguasai ombak di Samudra Hindia.

Ada juga yang berpendapat bahwa Kanjeng Ratu Kidul merupakan pasangan spiritual dari raja-raja Mataram hingga keturunannya yang berkdudukan di Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Nyi Roro Kidul

Ilustrasi: Dalam mitos diceritakan Kanjeng Ratu Kidul adalah sosok yang mengendalikan gelombang air laut yang ada di Pantai Selatan Jawa. (Pixabay)
Ilustrasi: Dalam mitos diceritakan Kanjeng Ratu Kidul adalah sosok yang mengendalikan gelombang air laut yang ada di Pantai Selatan Jawa. (Pixabay)

Kalau Nyi Roro Kidul lain lagi. Dia dipercaya berasal dari kerajaan di Sunda, Dia merupakan putri kerajaan bernama Putri Kandita atau dikenal juga sebagai Dewi Kandita.

Dari mitos yang beredar, Putri Kandita ini diusir oleh ayahnya akibat wajahnya yang berubah buruk rupa. Menurut cerita, wajah buruk rupanya terjadi akibat diguna-guna oleh pihak kerajaan yang sangat iri dengan kecantikannya.

Di tengah kesedihannya, sang putri mendapatkan petunjuk untuk menyatu dengan Laut Selatan supaya wajahnya kembali seperti sediakala.

Tanpa pikir panjang, Putri Kandita benar-benar melakukan petunjuk itu. Kecantikan Putri Kandita kembali seperti sediakala. Nggak hanya itu, dia juga diangkat sebagai ratu oleh para makhluk halus di Pantai Selatan.

Nyi Roro Kidul Pembantu Kanjeng Ratu Kidul

Hari Kuniawan alias Om Hao, seorang pakar retrokognisi juga mengungkapkan perbedaan Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul. Melalui kanal YouTube Kisah Tanah Jawa, Om Hao menjelaskan sosok penguasa Pantai Selatan. Saat itu tim sedang berkunjung ke kawasan Cepuri Di Pantai Parangkusumo, Yogyakata pada 2019.

“Selama ini kan dikenalnya Nyi Roro Kidul sebagai Penguasa. Sebenarnya, ada empat utama di sini, yang pertama Gusti Kanjeng Ratu (Hajjah) Kencono Sari atau beliau lebih dikenal dengan Kanjeng Ibu Ratu Kidul. Beliau ini ratu, Ratu Pantai Selatan,” Kata Om Hao.

“Lalu beliau memiliki seorang pepatih luar, atau seperti menteri luar negeri, yaitu Nyi Roro Kidul. Ini beliau yang paling kita kenal, semua orang, karena beliau yang paling sering keluar,” sambungnya.

Menurut sumber lain, pada umumnya Kanjeng Ratu Kidul hanya menampakkan diri saat kejadian penting saja. Sang ratu akan terlihat muda dan cantik saat menampakkan diri pada bulan purnama. Namun, dia akan menampakkan diri menjadi wanita tua saat bulan biasa, Millens. (Kharisma Ghana Tawakal/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved