Nggak Hanya Nyi Roro Kidul, Ada Juga Legenda Penguasa Laut Lain, lo!

Penguasa lautan di Indonesia yang paling terkenal adalah Nyi Roro Kidul. Namun, kalau soal legenda penguasa laut, ternyata ada banyak, lo. Kamu pernah mendengar nggak daftar-nama-nama penguasa lautan ini?

Nggak Hanya Nyi Roro Kidul, Ada Juga Legenda Penguasa Laut Lain, lo!
Nyi Roro Kidul, legenda penguasa Laut Selatan Jawa. (krjogja)

Inibaru.id – Kalau membahas soal legenda penguasa laut, yang pertama kali terpikir oleh masyarakat Indonesia pastilah Nyi Roro Kidul. Maklum, Nyi Roro Kidul dianggap sebagai penguasa Laut Selatan Jawa.

Kerajaan Mistis ini bahkan disebut-sebut sudah banyak memakan korban bagi yang nggak menghormati keberadaannya, lo.

Meski begitu, ternyata ada juga lo legenda penguasa laut lain. Penguasa-penguasa laut ini nggak hanya “berkeliaran” di sekitar Indonesia, melainkan di berbagai penjuru dunia.

Penasaran nggak siapa saja penguasa laut yang melegenda itu? Yuk, simak!

The Flying Dutchman

Kalau kamu sering melihat kartun Spongebob Squarepants, pasti bakal sering melihat sang legenda hantu The Flying Dutchman, Millens. Bedanya, kalau di Spongebob si Flying Dutchman ini dianggap sebagai legenda lautan yang sering apes, kalau di aslinya sih, The Flying Dutchman malah dianggap sebagai legenda yang sangat menakutkan.

Kalau menurut sejumlah cerita, The Flying Dutchman sebenarnya adalah seorang kapten bajak laut asal Belanda dengan nama asli Bernard Focca. Nah, dia dikenal sebagai bajak laut yang mampu menaklukkan kapal lainnya dengan mudah karena punya perjanjian dengan iblis.

Nah, gara-gara perjanjian ini pula, kapalnya hancur dihantam oleh badai di lautan. Dia yang mati tenggelam kemudian berubah menjadi hantu. Karena aslinya dari Belanda, maka sebutan Dutchman alias orang Belanda pun melekat. Jadi deh julukan The Flying Dutchman.

Poseidon

Poseidon, penguasa lautan di mitologi Yunani Kuno. (Pinterest/Sunshine)
Poseidon, penguasa lautan di mitologi Yunani Kuno. (Pinterest/Sunshine)

Sebenarnya sih, Poseidon bisa diperdebatkan apakah sebenarnya dia legenda lautan atau justru seorang dewa yang dianggap menguasai lautan di masa Yunani Kuno. Yang menarik, hingga sekarang, mitologi tentang Poseidon masih sering muncul di berbagai karya sastra.

Gambaran paling jelas tentang Poseidon adalah kebiasaannya membawa tombak berbentuk trisula, dan bentuknya yang unik, yakni seorang pria berjenggot kekar dengan kaki seperti sirip ikan atau duyung. Dia pun dianggap sebagai Raja Duyung, bukan putri duyung, ya?

Kraken

Pernah melihat gambar gurita berukuran super raksasa dan sulur-sulurnya seperti mengitari kapal dan akan menghancurkannya? Nah, sang gurita ini dikenal dengan nama Kraken. Dia dianggap sebagai salah satu penguasa lautan di masa Yunani kuno.

Meski gurita memang bisa tumbuh hingga ukurannya sangat besar, namun sepertinya kalau benar-benar berukuran seperti kraken yang berkali-kali lipat ukurannya dari kapal, sepertinya mustahil, sih.

Dewi Lanjar

Kalau Nyi Roro Kidul menguasai Laut Selatan, maka Dewi Lanjar dianggap sebagai penguasa Pantai Utara Jawa. Hingga saat ini, khususnya di wilayah-wilayah pesisir utara seperti Pekalongan, banyak orang yang mempercayai keberadaannya.

Kalau di tempat kamu, ada nggak legenda tentang penguasa lautan yang unik untuk dibicarakan, Millens? (Gri/IB09/E05)