BerandaPasar Kreatif
Rabu, 6 Sep 2023 14:00

Tips Memasarkan Ilustrasi Digital di Instagram Reels agar Dilirik Klien Luar Negeri

Tips Memasarkan Ilustrasi Digital di Instagram Reels agar Dilirik Klien Luar Negeri

Penggunaan sosial media Instagram untuk promosi karya ilustrasi digital terbukti sukses menarik perhatian banyak orang. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

Dengan memposting karya ilustrasi digitalnya di sosial media Instagram, ilustrator digital asal Pati ini sukses menggaet banyak pelanggan dari luar negeri, lo. Mau tahu gimana caranya?

Inibaru.id - Tren video-video singkat saat ini tengah digandrungi para pengguna media sosial. Nggak heran, berbagai platform medsos kini membuat fitur video singkat untuk menarik para netizen. Salah satu yang tengah ngetren sekarang adalah fitur Instagram Reels.

Di Instagram Reels, para pengguna dapat membuat video singkat selama 15 hingga 90 detik. Pengguna juga bisa mengedit video dengan menambahkan musik, stiker, dan juga teks.

Selain untuk hiburan, Instagram Reels ini juga dapat digunakan untuk promosi produk atau karya, lo. Bahkan belakangan, para ilustrator digital yang memanfaatkan fitur ini untuk memasarkan karya ilustrasi mereka.

Hal ini dibenarkan oleh Burhan, seorang ilustrator digital asal Tlogowungu, Pati. Lelaki bernama lengkap Muhammad Burhanudin Yusuf itu rajin memasarkan karyanya melalui sosial media Instagram.

Menurutnya, di masa serba canggih ini, ilustrator digital harus pintar menguasai sosial media untuk promosi karya. Dia juga menambahkan bahwa sosial media dapat menjangkau audiens dan calon pembeli lebih banyak.

Akun Instagram milik Burhan dengan nama akun @tandukpurba_ banyak dilirik klien luar negeri. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)
Akun Instagram milik Burhan dengan nama akun @tandukpurba_ banyak dilirik klien luar negeri. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

“Percuma gambarmu bagus kalau nggak menguasai sosial media, karena orang-orang nggak akan tahu karyamu. Beda sama orang yang gambarnya simple tapi dia pintar main sosmed, pasti karyanya lebih laku,” terang Burhan saat ditemui Inibaru.id di cafe langganannya.

Selama 3 tahun menjadi ilustrator digital, Burhan mengaku sangat memanfaatkan Instagram untuk menjual karyanya. Bahkan, dia sering mendapat DM dari orang-orang luar negeri yang tertarik memesan ilustrasi digital darinya.

“Kebanyakan klienku itu dari luar negeri seperti Malaysia, Amerika, Filipina, Thailand, bahkan ada juga dari Chili ” ujar Burhan sembari menunjukkan beberapa karyanya.

Pemuda berusia 23 tahun itu menjelaskan bahwa untuk saat ini, fitur Instagram yang mampu menjangkau banyak orang adalah Reels. Menurutnya, Reels lebih dapat menjangkau banyak audiens dibanding dengan post foto biasa.

“Untuk sekarang yang paling gacor ya emang Reels. Daripada ngepost foto, mending post Reels aja. Aku ngerasain sendiri kalau buat Reels gitu pasti followers-ku juga bertambah,” jelas cowok berkemeja biru itu.

Trik Bikin Reels untuk Promosi

Potret Burhan dalam proses pengerjaan karya yang akan diunggah di akun Instagram-nya. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)
Potret Burhan dalam proses pengerjaan karya yang akan diunggah di akun Instagram-nya. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

Burhan menjelaskan tips-tips agar karya yang dibuat di Instagram Reels dapat dilihat orang banyak atau lewat di beranda orang-orang.

1. Buat penasaran penonton

Di beberapa detik awal video, buatlah sesuatu yang unik dan menarik yang membuat orang-orang penasaran dengan hasil akhir video. Dengan begitu, Reels akan ditonton sampai selesai dan bisa FYP.

“Kalo ilustrator, bisa buat penasaran penonton dengan bikin video proses pembuatan karya mulai dari sketsa, lining, inking, coloring,” terang Burhan.

2. Pakai sound viral

Daripada membuat video yang panjang, buatlah video singkat yang menarik menggunakan sound yang tengah banyak digunakan orang-orang.

Salah satu karya ilustrasi digital buatan Burhan ini sangat keren, ya. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)
Salah satu karya ilustrasi digital buatan Burhan ini sangat keren, ya. (Inibaru.id/ Rizki Arganingsih)

3. Bikin Reels alur cerita

"Kita menggambar nggak langsung gambar, tapi kita ceritain dulu mau gambar apa, dapat orderan dari siapa. Nah itu banyak yang nonton," terang Burhan.

4. Tambahkan tagar yang kuat

Satu hal yang juga penting dalam menjangkau audiens adalah penggunaan tagar atau hashtag yang sesuai dengan karya.

Burhan juga menambahkan, agar insight tetap stabil, minimal harus mengunggah karya setidaknya 3 hari sekali. Selain itu, lama waktu penggunaan Instagram juga bisa berpengaruh di insight, lo.

Wah, ternyata untuk promosi karya ilustrasi digital di Instagram Reels ada triknya, ya. Setelah tahu tipsnya, kamu tertarik untuk mencoba mempromosikan produkmu dengan Reels nggak, Millens? (Rizki Arganingsih/E10)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved