TikTok Lebih Populer dari Google, Tapi Warganet Indonesia Bukan Pengakses Terbesarnya

TikTok Lebih Populer dari Google, Tapi Warganet Indonesia Bukan Pengakses Terbesarnya
TikTok lebih populer dari Google dan jadi yang paling banyak diunduh sepanjang 2021.  (Flickr/nordskovmedia.dk)

Kini, TikTok lebih populer dari Google dan bahkan jadi nomor satu di dunia. Meski penggunanya di Tanah Air banyak, warganet Indonesia nggak masuk 10 besar pengguna TikTok, lo.

Inibaru.id – Di Indonesia dan seluruh dunia, aplikasi TikTok memang semakin terkenal. Bahkan, belakangan ada data yang mengungkap kalau TikTok bahkan lebih populer dari Google. Hanya, meski penggunanya di Indonesia banyak, penyebab popularitas TikTok ini nggak sepenuhnya karena warganet dari Indonesia, lo.

Meski dikenal sebagai warganet yang fanatik dan agresif di dunia maya, ternyata warganet Indonesia nggak masuk 10 besar pengguna TikTok di seluruh dunia. Hal ini diungkap oleh perusahaan yang melacak performa sekaligus keamanan internet, Cloudfare.

Berdasarkan data perusahaan ini per 2021, trafik penggunaan TikTok jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Google. Bahkan, sejak 17 Februari 2021, TikTok sudah menendang Google di singgasana situs paling populer di dunia. Sejak 10 Agustus, TikTok bahkan seperti sudah nggak mungkin lagi bisa digeser.

Selama bertahun-tahun Google ada di nomor satu karena fungsinya yang nggak hanya berupa mesin pencari. Google juga menyediakan gambar, peta, terjemahan, penyimpanan di cloud (drive), dan lain-lain. Tapi, nyatanya tetap saja jumlah penggunanya disalip oleh TikTok yang notabennya hanyalah media sosial.

Peningkatan TikTok ini sangatlah besar mengingat pada 2020, mereka hanyalah di urutan ketujuh situs paling populer di dunia. Kini, mereka mengangkangi Google, Facebook, Microsoft, Apple, Amazon, Netflix, serta YouTube, lo.

Yang menarik, meski mendapatkan banyak sentimen pemerintah Amerika Serikat karena berasal dari Tiongkok, nyatanya warga negara ini jadi pengguna terbesar TikTok di seluruh dunia. Kalau di Asia Tenggara, Singapura ada di peringkat 4 terbesar di dunia. Indonesia malah nggak masuk 10 besar sama sekali.

TikTok kini nggak hanya jadi sekadar tempat goyang-goyang sehingga lebih menarik. (Flickr/ Aaron Yoo)
TikTok kini nggak hanya jadi sekadar tempat goyang-goyang sehingga lebih menarik. (Flickr/ Aaron Yoo)

Nggak Hanya Sekadar Tempat Goyang-goyang

Dulu, TikTok lebih dikenal sebagai media ekspresi diri untuk goyang-goyang tari atau lipsync lagu. Kini pengguna TikTok jauh lebih kreatif dalam membuat video. Di media sosial ini, kamu bakal bisa menemukan tips make-up, memasak, informasi menarik, olah raga, dan lain-lain. Hal ini membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk mengaksesnya.

Terkini, setiap bulannya pengguna aktif di TikTok bahkan sudah mencapai 1 miliar per bulan. Luar biasa, ya Millens.

Laporan lain yang dikeluarkan oleh AppTopia, firma yang sering melakukan riset pada aplikasi ponsel pintar juga mengungkap fakta lain tentang TikTok, yakni aplikasi ini jadi yang paling sering diunduh pada 2021. Angkanya bahkan melebihi pengunduhan aplikasi di bawah Meta, yakni Instagram, Facebook, serta WhatsApp. Padahal, sebelumnya ketiga aplikasi ini selalu jadi yang paling banyak diunduh.

Kalau menurut perusahaan Talkwalker dan HubSpot, TikTok diperkirakan akan tetap menjadi yang paling populer pada 2022 mendatang. Penyebabnya, semua gara-gara konten di TikTok yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing penggunanya. Selain itu, kontennya juga sering dibagikan ke aplikasi atau media sosial lainnya.

Hm, kalau kamu, apakah juga jadi pengguna TikTok, Millens? (Kom/IB09/E05)