inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Sarapan Mantap; Makan Nasi Tumpang, Minumnya Susu Segar
Minggu, 17 Des 2023 07:12
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Nasi tumpang tolo Suprihadi. (Sonora)

Nasi tumpang tolo Suprihadi. (Sonora)

Di Nasi Tumpang Solo Suprihadi, Boyolali, setelah sarapan nasi tumpang, kamu bisa minum susu segar khas Boyolali. Kebayang kan nikmatnya seperti apa?

Inibaru.id – Orang Indonesia nggak biasa minum susu, apalagi jika meminumnya setelah sarapan pagi. Tapi, di sebuah warung yang ada di Boyolali, kamu bisa menikmati sarapan nasi tumpang dan minum susu setelahnya. Warung tersebut adalah Warung Nasi Tumpang Tolo Suprihadi.

Kamu bisa menemui warung unik ini di jalan Tentara Pelajar Nomor 14, Sunggingan, Boyolali. Lokasinya persis di depan KUD Kota Boyolali. Nah, karena kombinasi makanan dan minuman yang disajikan sangat unik, jangan heran kalau pelanggannya nggak hanya warga sekitar, melainkan juga para wisatawan dari luar kota, Millens.

Sebenarnya sih ya, nasi tumpangnya nggak berbeda dengan nasi-nasi tumpang yang bisa kamu temui di tempat lain. Kuah sambalnya juga dibuat dari tempe semangit serta tahu. Tapi, kamu juga bisa mencicipi kacang tolo, kecambah, dan kubis yang membuatnya memiliki rasa yang sangat enak. Apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan gorengan renyah seperti tempe goreng, bakwan, dan tahu goreng.

“Pas kali pertama jualan itu pada 14 April 1984. Hampir 40 tahun yang lalu, ya. Lokasinya nggak berubah. Dulu harganya Rp20 untuk nasi tumpang dan Rp100 untuk susu segarnya,” ucap Suprihadi yang kini berusia 73 tahun tersebut sebagaimana dilansir dari Radarsolo, Sabtu (29/1/2022).

Warung Nasi Tumpang Tolo Suprihadi. (Googleuser/Hans Photography)
Warung Nasi Tumpang Tolo Suprihadi. (Googleuser/Hans Photography)

Nah, harga nasi tumpang Rp5 ribu per porsi, sementara segelas susu juga Rp3 ribu untuk gelas kecil dan Rp5 ribu untuk gelas besar. Tapi, harga tersebut sangatlah murah bagi siapa saja yang pengin mencicipi sarapan nikmat dan memuaskan.

Apalagi, susu segar yang disediakan punya banyak varian rasa dari rasa susu murni, cokelat, stroberi, atau dicampur dengan kopi menjadi kopi susu. Duh, kebayang nggak mantapnya sarapan lalu minum susu di sana?

“Saya biasa menghabiskan 300 bungkus nasi tumpang dan 300 gelas susu segar. Nasi tumpangnya kami masak sendiri, dibungkus, lalu ditempatkan di tomblok. Jadi pembeli tinggal ambil saja sendiri. Nah, kami tinggal siapin teh atau susu segar hangat sesuai permintaan pelanggan,” lanjut Suprihadi.

Biasanya, warung ini ramai pada pukul 06.30 WIB dan bakal ramai sampai pukul 09.00 WIB. Tapi jangan khawatir, Suprihadi biasanya tetap berjualan sampai pukul 14.00 WIB kok.

Jadi, kalau pengin sarapan nikmat, murah, sekaligus segar di Boyolali, sudah tahu kan harus ke mana? Datang saja ke Warung Nasi Tumpang Tolo Suprihadi, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved