BerandaKulinary
Rabu, 4 Jan 2023 15:00

Mengapa Kopi Espresso Harus Diminum Cepat-Cepat?

Mengapa Kopi Espresso Harus Diminum Cepat-Cepat?

Ilustrasi: Dalam sejian espresso, selalu ada krema, cairan berwarrna kuning tua yang muncul kali pertama saat ekstraksi kopi. (Pixabay/Danganfoto)

Kopi espresso disajikan dalam gelas mungil, tanpa gula dan susu. Kamu sebaiknya meminum espresso itu cepat-cepat sebelum buih di atasnya menghilang. Mengapa?

Inibaru.id - Di negara asalnya, Italia, ada etika tersendiri saat meneguk kopi espresso. Para pelanggan pesan one shot atau two shot, lalu langsung meneguk habis pada teguk pertama sesaat setelah barista menyajikannya.

Berbeda dengan saat kita memesan latte, americano, capucino, atau jenis kopi lain yang bisa santai saat meminumnya, espresso sebaiknya kita nikmati dengan menghirup aromanya lalu meneguknya cepat-cepat. Selain itu, espresso disajikan murni tanpa gula atau susu.

Rasanya tentu saja pahit khas kopi. Espresso memang disajikan biasanya bertujuan untuk menunjukkan bukti biji kopi yang digunakan segar dan memiliki profil rasa yang kaya.

Kedai kopi yang memberikan pilihan espresso pada menunya sudah pasti memiliki mesin pemeras kopi atau mesin espresso. Sebab, espresso merupakan kopi yang dihasilkan dari penyeduhan menggunakan mesin yang memiliki tekanan dan suhu tinggi. Proses tersebut bertujuan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling.

Sebagai informasi, "espresso" berasal dari Bahasa Italia yang artinya "kopi ditekan". Kopi ini memiliki krema (cairan berwarrna kuning tua yang muncul kali pertama saat ekstraksi kopi) dengan rasa pahit dan pekat yang kuat. Nggak heran, pencinta kopi hitam garis keras cinta banget dengan espresso.

Kenapa Harus Diminum Cepat?

Ilustrasi: Espresso merupakan kopi yang dihasilkan dari penyeduhan menggunakan mesin yang memiliki tekanan dan suhu tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi: Espresso merupakan kopi yang dihasilkan dari penyeduhan menggunakan mesin yang memiliki tekanan dan suhu tinggi. (Shutterstock)

Cara menikmati espresso bukanlah dicecap sedikit demi sedikit. Espresso disarankan dinikmati dalam sekali tenggak saat masih hangat dan ada kremanya. Pada saat itulah aroma dan cita rasanya bakal maksimal.

Mengutip Mashed (30/12), Bean Ground menjelaskan bahwa semakin lama espresso didiamkan alias nggak langsung diminum setelah dibuat, maka semakin menurun kualitasnya. Hal ini dipicu proses oksidasi atau terpapar semakin lama dengan oksigen.

Proses oksidasi ini terkait dengan kehadiran krema kopi. Semakin lama espresso didiamkan, krema akan menghilang, dan proses oksidasi semakin cepat karena nggak ada krema yang 'melindungi' kopi di bawahnya.

Ilustrasi: Espresso disarankan untuk dinikmati nggak lebih dari 5 sampai 7 menit setelah dibuat. (Unsplash)
Ilustrasi: Espresso disarankan untuk dinikmati nggak lebih dari 5 sampai 7 menit setelah dibuat. (Unsplash)

Umumnya, butuh waktu sekitar 3 menit untuk krema espresso benar-benar menghilang. Karenanya espresso disarankan untuk dinikmati nggak lebih dari 5 sampai 7 menit setelah dibuat agar kamu nggak menikmati espresso yang 'mati'.

Tapi,bukan berarti espresso nggak aman jika diteguk lebih dari waktu yang disarankan, ya. Hanya saja, kualitas kopi tersebut sudah nggak maksimal.

Nah, sudah tahu bagaimana cara terbaik menikmati kopi espresso, kan? Jika sudah tahu, kamu bisa memesannya di kala pagi hari ketika akan memulai kegiatan. Dijamin pikiran dan semangatmu akan jreng, deh. (Siti Khatijah/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved