inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mencicipi Kuliner Legendaris Kudus Pecel Cingur Bu Sarmi
Minggu, 28 Jan 2024 08:34
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Pecel Cingur Bu Sarmi Kudus. (Googleuser/Warung Pecel Bu Sarmi)

Pecel Cingur Bu Sarmi Kudus. (Googleuser/Warung Pecel Bu Sarmi)

Ada satu kuliner legendaris Kudus yang sudah eksis sejak 1970-an, yaitu Pecel Cingur Bu Sarmi. Saking legendarisnya, pecel cingur dari warung ini sering dipesan sebagai bekal untuk haji atau umrah, lo.

Inibaru.id – Jika mendengar kuliner cingur, yang terpikir biasanya adalah kuliner khas Jawa Timuran, khususnya dari Kota Surabaya dan sekitarnya. Nah, kalau kamu berasal dari Jawa Tengah, nggak perlu jauh-jauh melakukan perjalanan lintas provinsi untuk mencicipi kuliner cingur. Soalnya, di Kudus, ada tempat kuliner legendaris bernama Pecel Cingur Bu Sarmi.

Pecel cingur tentu berbeda dengan rujak cingur. Tapi, keduanya sama-sama menarik perhatian banyak orang dengan rasanya yang enak. Hal ini dibenarkan oleh pengelola tempat makan ini, Didin Ario. Dia menyebut pelanggan Pecel Cingur Bu Sarmi nggak hanya dari wilayah Kudus, melainkan juga dari daerah sekitarnya seperti Semarang, Pati, dan Jepara.

“Kami juga sering didatangi wisatawan dari luar pulau yang penasaran. Bahkan, ada beberapa orang yang sengaja memesan pecel cingur dari tempat kami sebagai bekal saat berangkat haji atau umrah,” terang Didin sebagaimana dilansir dari Joglojateng, (12/5/2023).

Memangnya, seberapa spesial sih pecel cingur yang disediakan di sana? Dalam seporsi pecel cingur, kamu bisa menemui sejumlah sayuran seperti kembang turi, kacang panjang, mentimun, bayam, kecambah, hingga semanggi.

Sayuran sehat ini dipadukan dengan potongan cingur yang mirip kikil tapi terbuat dari kulit kerbau yang kemudian disiram dengan sambal kacang.

Warung Pecel Cingur Bu Sarmi. (Google Street View)
Warung Pecel Cingur Bu Sarmi. (Google Street View)

“Yang istimewa itu sambal kacang khas dari kami yang punya perpaduan rasa asin, manis, serta pedas yang pas. Itu yang bikin banyak pelanggan ketagihan,” lanjut Didin.

Hal lain yang bikin warung ini selalu dijejali pembeli adalah keberadaan menu pendukung lain yang nggak kalah menggoda seperti soto, gorengan, lauk ramesan, urap, kolak, dan lain-lain. Selain itu, harga yang diabnderol di sini juga nggak mahal, yaitu Rp15 ribu per porsi. Benar-benar murah meriah, deh!

Oleh karena itulah, warung yang sudah berdiri sejak 1970-an ini mampu menghabiskan setidaknya 400 porsi pecel cingur setiap hari. Benar-benar laris, ya?

Kalau kamu tertarik untuk mencicipi kenikmatan kuliner legendaris Kudus Pecel Cingur Bu Sarmi ini, nggak perlu bingung. Tinggal datang saja ke Jalan Mejobo Nomor 43, Mlati Norowito, Kecamatan Kota. O ya, jangan sampai salah jadwal jam buka, ya, Millens. Soalnya, warung ini hanya buka setiap hari kecuali hari Jumat dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved