inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Segarnya Sop Balungan Pak Tekun Kudus
Sabtu, 30 Des 2023 15:08
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Sop Balungan Pak Tekun Kudus. (Googleuser/Ngatiman Man)

Sop Balungan Pak Tekun Kudus. (Googleuser/Ngatiman Man)

Sejak pukul 10.00 WIB, sudah banyak pelanggan yang mendatangi Sop Balungan Pak Tekun Kudus. Soalnya, sop balungan yang terkenal nikmat di sana tersedia terbatas. Mereka nggak pengin kehabisan.

Inibaru.id – Sedang di Kudus tapi pengin mencicipi kuliner selain soto atau jenang? Kalau iya, coba deh datang ke Sop Balungan Pak Tekun. Dijamin, kamu bakal mendapati kuliner yang nikmat, segar, sekaligus murah.

Sop Balungan Pak Tekun berada di Desa Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Lokasinya nggak jauh dari Pasar Baru dan masih di area Balai Jagong Kudus. Jika kamu berjalan dari Alun-Alun Kudus, jaraknya sekitar 2 kilometer ke arah Tenggara. Dekat banget, kan?

O ya, meski yang kamu pesan adalah sop balungan, jangan kira yang bakal kamu dapat hanyalah tulang ya. Pasalnya, daging yang masih menempel pada tulang cukup tebal. Istimewanya, saat kamu gigit, dagingnya nggak alot apalagi berbau amis. Nah, kombinasi dari daging yang nikmat dan kuah yang ringan namun kaya rempah inilah yang membuat sop balungan Pak Tekun selalu ramai pembeli.

Menurut pengelola warung ini, Yatiman, tulang sapi yang digunakan di warungnya dia dapatkan langsung dari tempat penjagalan.

Dia memastikan sendiri kalau tulang dan tetelan yang didapat berkualitas. Kalau bahan yang tersedia sedikit, mau nggak mau itulah yang dia jual.

Lokasi Sop Balungan Pak Tekun Kudus. (Googlestreetview)
Lokasi Sop Balungan Pak Tekun Kudus. (Googlestreetview)

“Kalau dalam sehari, biasanya saya menyiapkan 2 sampai 5 kilogram balungan dan tetelan, tergantung seberapa banyak yang tersedia. Karena sop balungannya nggak selalu tersedia dalam jumlah banyak, terkadang ada pelanggan datang tapi nggak kebagian,” cerita Yatiman sebagaimana dilansir dari Murianews, Senin (18/12/2023).

Karena nggak pengin kehabisan, banyak pelanggan yang sengaja datang on time, tepatnya pada 10.00 WIB saat warung ini baru buka. Trik ini juga bisa diterapkan oleh penggemar wisata kuliner dari luar kota kalau pengin mencicipinya.

“Banyak pelanggan bilang suka sama kuahnya. Kami sengaja menyediakan kuah bening agar pelanggan nggak mblenger karena kebanyakan lemak. Ternyata, semua kalangan bisa menikmatinya,” lanjut Yatiman.

Alasan lain yang bikin Sop Balungan Pak Tekun selalu dibanjiri pelanggan adalah harga per porsinya yang cukup murah, yaitu Rp20 ribu. Hm, memang boleh semurah itu? Yap, cuma di sini!

Gimana, tertarik nggak nih mencicipi Sop Balungan Pak Tekun? Yuk main ke Kudus dan wisata kuliner di sana, Millens? (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved