inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mencicipi Manis Legitnya Getuk Dalangan Kudus
Minggu, 21 Jan 2024 18:37
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Getuk Dalangan Kudus. (Betanews/Kartika Wulandari)

Getuk Dalangan Kudus. (Betanews/Kartika Wulandari)

Kalau sedang di Kudus, cobain deh getuk khas Kota Kretek yang nggak ada duanya, yaitu getuk dalangan. Seperti apa sih kenikmatan cita rasanya?

Inibaru.id – Salah satu jajanan tradisional yang masih memiliki banyak penikmat adalah getuk. Kamu bisa mencarinya di banyak tempat seperti penjual jajan tradisional atau di pasar-pasar. Nah, kalau kamu kebetulan sedang berada di Kudus, Jawa Tengah, bisa lo mencicipi getuk khas Kudus, yaitu getuk dalangan.

Getuk dalangan bisa kamu temui di Dukuh Dalangan, Desa Barongan, Kecamatan Kota Kudus. Lokasi warung yang ada di dalam gang ini hanya berjarak kurang dari 500 meter dari Alun-alun Kudus. Konon, warung ini sudah eksis selama kurang lebih 40 tahun dan dikelola oleh tiga generasi keluarga.

Pengelolanya sekarang, Rochimah, mengaku meneruskan usaha ini dari mertuanya, Suwarni. Layaknya pendahulunya, dia membuat dan meracik sendiri getuk-getuk yang dia jajakan.

“Semuanya saya buat sendiri, dari getuk sampai juruhnya. Getuknya harus fresh. Soalnya itu yang bikin Getuk Dalangan dicari banyak orang,” jelas Rochimah sebagaimana dilansir dari Murianews, Senin (8/1/2024).

Selain memilih singkong terbaik, dia juga memastikan juruh (saus yang terbuat dari parutan kelapa muda yang dicampur dengan gula jawa cair) yang disiram ke getuk harus memiliki cita rasa yang spesial.

Warung Getuk Dalangan masih sederhana. (Dupanews/Sup)
Warung Getuk Dalangan masih sederhana. (Dupanews/Sup)

Di sini kamu bisa menjumpai berbagai jajan tradisional seperti lopis, getuk, puli, moto belong, dan ketan.

FYI, tempat ini buka setiap hari, kecuali Minggu, Ramadan, dan hari-hari besar. Kamu bisa ke sini mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Terkait dengan harga, getuk yang dijajakan di sana murah meriah, Millens, yaitu Rp3 ribu sampai Rp5 ribu. Pembeli juga bisa memilih getuknya mau disiram juruh atau nggak. Tersedia pula getuk berukuran besar berbentuk gunungan tumpeng dengan harga mulai Rp25 ribu. Getuk jenis ini sering dipesan untuk keperluan lamaran.

“Mau gula atau kelapa bisa dipilih. Kalau pengin manis ya pakai gula, kalau nggak yang tinggal disiram kelapa,” jelas Ima.

Hm, sepertinya menarik banget ya Getuk Dalangan Kudus ini. Yuk cicipi jika sedang berada di Kudus, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved