inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Mencicipi Kuliner Keong Sawah Mbah Suro Kajen Pekalongan yang Melegenda
Kamis, 30 Mei 2024 09:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Olahan keong sawah di Warung Kuliner Keong Pecel Mbah Suro, Kajen, Pekalongan. (Googleuser/Fara Dillah)

Olahan keong sawah di Warung Kuliner Keong Pecel Mbah Suro, Kajen, Pekalongan. (Googleuser/Fara Dillah)

Di kawasan pedesaan Kecamatan Kajen, Pekalongan, kamu bisa mencicipi kuliner keong sawah yang nikmat di Warung Mbah Suro yang melegenda. Seperti apa ya kenikmatan olahan keong sawah di sana?

Inibaru.id – Suka dengan kuliner keong sawah, Millens? Kalau iya dan kebetulan kamu sedang ada di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, bisa bertandang ke Warung Kuliner Keong Sawah Mbah Suro. Asal kamu tahu saja, warung ini sudah dianggap sebagai salah satu warung legendaris di sana!

Lokasi Warung Kuliner Keong Pecel Mbah Suro ada di Kalisalam, Desa Kalijoyo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Kalau dari Alun-alun Kajen, jaraknya kurang lebih 7 kilometer ke arah barat daya. Kalau dari pusat kota Pekalongan, jaraknya lebih jauh, yaitu sekitar 35 kilometer.

Karena berlokasi di desa, suasana di sekitar warung pun khas kawasan pedesaan yang cukup asri. Apalagi, untuk mencapai Desa Kalijoyo, kamu juga perlu melewati perkebunan karet. Tapi, perjalanan jauh untuk mencapai warung tersebut dijamin akan terbayar lunas dengan kelezatan berbagai menu yang disediakan di sana.

Sebenarnya, warung ini adalah warung pecel. Tapi, menu olahan keong sawahnya jadi buruan pelaku wisata kuliner karena memiliki rasa yang mantap. Rasa olahan keong sawahnya bahkan terus konsisten sejak kali pertama Mbah Suro berjualan hingga kini warungnya dikelola oleh cucunya, Mbak Kus.

“Kelebihan olahan keong sawah kami ini nggak ada aroma amisnya, baik itu di daging keong maupun pada kuahnya. Kami juga menjamin cangkangnya bersih dari lendir ataupun lumpur. Karena kaya rempah seperti jahe, lengkuas, serai, kencur dan kunci, rasanya mantap!” ungkap Mbak Kus sebagaimana dilansir dari Radarsemarang, Minggu (26/5/2024).

Warung Kuliner Keong Sawah Mbah Suro di Kajen, Pekalongan. (Google User/Eka Iman)
Warung Kuliner Keong Sawah Mbah Suro di Kajen, Pekalongan. (Google User/Eka Iman)

Mbak Kus juga mau membeberkan rahasia olahan keong sawahnya sampai nggak asin. Ternyata, keong-keong sawah yang dia "impor" dari Demak itu direbus dua kali setelah dibersihkan cangkangnya. Tatkala direbus, bagian belakang cangkang keong juga dipecah agar air rebusannya meresap sampai ke daging dan akhirnya bikin daging keongnya jadi empuk.

“Perebusan pertama berlangsung 15 sampai 20 menit agar lendirnya keluar. Setelah itu air rebusannya diganti dengan yang baru dan kemudian ditambahi dengan bumbu,” lanjut Mbak Kus.

Berkat proses pengolahan keong sawah yang telaten inilah, jangan heran jika saat kamu datang ke sana, pasti ada pembeli yang sengaja datang jauh-jauh dari luar kota.

“rumahan dan di pinggir kebun jadi syahdu begitu. Sejauh ini olahan keong sawah paling enak yang saya pernah coba di sini,” ungkap pembeli bernama Istianah dan Fara Dillah.

Kalau kamu tertarik mencoba olahan keong sawah di Warung Mbah Suro, nggak perlu khawatir bakal merogoh kocek dalam-dalam. Olahan keong sawahnya hanya dibanderol Rp15 ribu per porsi. O ya, warungnya buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB, ya. Selamat wisata kuliner di sana, Millens! (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved