inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Kedai Es Brasil Purwokerto, Kesegaran Legendaris yang Tetap Eksis
Jumat, 5 Jan 2024 18:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Es lilin yang tersedia di Kedai Es Brasil Purwokerto. (Ohelterskelter)

Es lilin yang tersedia di Kedai Es Brasil Purwokerto. (Ohelterskelter)

Di Kedai Es Brasil Purwokerto, kamu bisa mencicipi es lilin, es puter, dan berbagai minuman segar lain, lo. Omong-omong, kamu penasaran nggak mengapa namanya memakai nama negara di Amerika Latin?

Inibaru.id – Kebanyakan orang berpikir jika untuk mencari es lilin, harus mencari di tempat jajanan zaman dulu alias zadul. Padahal, ada lo sejumlah kedai modern yang masih menyediakannya. Salah satunya adalah di Kedai Es Brasil Purwokerto.

Kamu bisa menemui Kedai Es Brasil di Jalan Jenderal Suprapto Nomor 25, Kauman Lama, Purwokerto. Konon, kedai ini sudah eksis sejak 1968 dan terus menjadi jujugan warga Purwokerto dan sekitarnya yang pengin mencicipi minuman segar saat cuaca sedang gerah, millens.

Yang mendirikan kedai ini adalah pasangan Nata Hadiwardojo dan Winawati Wangsaputri. Menariknya, awal mula mereka terpikir untuk menjual es lilin dulu adalah karena pengin memanfaatkan listrik yang baru saja masuk ke wilayah tempat tinggalnya.

Meskin masih memakai bahan-bahan dan cara pembuatan yang tradisional, pasangan tersebut telaten berjualan keliling es lilin dari rumah ke rumah. Nggak disangka, es lilin dengan rasa yang segar dan manis ini cukup laris di pasaran. Karena semakin populer, keduanya pun kemudian memberikan jenama es brasil agar produk jualan mereka lebih dikenali.

Menariknya, kata brasil di sini nggak terinspirasi dari nama negara di Amerika Latin sana, melainkan plesetan dari kata “berhasil”, Millens. Nggak disangka ya, yang awalnya berasal dari plesetan ternyata malah benar-benar berhasil menjadi kedai legendaris.

Kedai Es Brasil Purwokerto sudah eksis sejak 1986. (Googleuser/Veronica H)
Kedai Es Brasil Purwokerto sudah eksis sejak 1986. (Googleuser/Veronica H)

Kalau menurut cucu dari pasangan tersebut yang kini menjadi pengelola kedai, resep kakek-neneknya masih tetap dijaga sehingga rasa es lilin yang dijajakan di Kedai Es Brasil masih sama seperti dulu. Meski begitu, mereka juga menjual sejumlah minuman yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Tentu saja kami berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman. Jadi ada rasa-rasa baru yang unik yang kami sediakan,” ungkap salah seorang karyawan Kedai Es Brasil, Tami, sebagaimana dilansir dari Suarabanyumas, (1/10/2021).

Omong-omong, ada rasa apa saja sih es lilin yang tersedia di sana? Selain varian rasa klasik seperti kacang hijau, cokelat, vanila, kopyor, alpukat, nangka, dan sirsak, kini kamu bisa mencicipi rasa kacang merah, oreo, cendol, hingga rujak, lo.

O ya, selain es lilin, kamu juga bisa mencicipi es dalam bentuk cone, cup, stick, jus, es cake, es kotak, hingga es puter yang sering dipesan orang yang pengin makan di tempat. Maklum, es puter ini memiliki varian rasa yang menarik seperti anggur, tutty fruty, durian, cokelat, dan rasa-rasa nikmat lainnya.

Nggak hanya bisa kamu makan di tempat, es-es yang tersedia di Kedai Es Brasil juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh, lo. Pihak kedai sudah menyediakan paper bag yang disertai dengan kotak styrofoam agar nggak mudah mencair.

Hm, menarik banget ya cerita tentang Kedai Es Brasil Purwokerto ini. Yuk mari kita cicipi kesegaran es-es yang tersedia di sana sembari bernostalgia, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved