Mantapnya Ngemil Mendoan Jumbo Purwokerto, Ukurannya Bikin Melongo

Mantapnya Ngemil Mendoan Jumbo Purwokerto, Ukurannya Bikin Melongo
Mendoan jumbo purwokerto. (Radarbanyumas/Mahdi)

Bosan dengan mendoan yang itu-itu saja? Kalau main ke Purwokerto, coba deh mendoan jumbo yang ukurannya bisa mencapai 30x20 sentimeter! Bisa habis nggak ya kalau dimakan sendirian?

Inibaru.id – Nggak lengkap rasanya kalau main ke Purwokerto tanpa mencicipi mendoan. Tapi, kalau kamu bosan dengan mendoan yang itu-itu saja, coba deh cicipi mendoan jumbo. Ukurannya bisa mencapai 30x20 sentimeter, lo.

Mendoan jumbo bisa kamu temui di Toko Sawangan No.1. Lokasinya di sentra oleh-oleh Sawangan, tepatnya di Jalan Mayjen Sutoyo, Purwokerto. Karena ukurannya yang nggak biasa, jangan heran ya kalau toko ini ramai dikunjungi warga lokal yang sudah ketagihan atau wisatawan yang penasaran pengin mencicipinya.

“Kalau mendoan ya tahu lah. Tapi kalau mendoan jumbo saya tahu dari media sosial. Karena kebetulan saya juga baru banget kerja di Purwokerto, penasaran sebesar apa sih mendoannya. Ternyata memang benar-benar besar. Nggak mungkin habis lah sendirian,” ungkap salah seorang pembeli dari Bekasi, Fina Tanjung, Selasa (22/3/2022).

Mengingat ukurannya yang nggak biasa, bahan baku tempe mendoan yang dipakai juga bukan yang sembarangan. Toko ini memesannya secara khusus dari seorang perajin yang berada di Baturraden. Pembungkusnya juga bukan dari daun pisang, melainkan plastik.

Toko Sawangan No.1, penyedia mendoan jumbo di Purwokerto. (Kompas/Megandika Wicaksono)
Toko Sawangan No.1, penyedia mendoan jumbo di Purwokerto. (Kompas/Megandika Wicaksono)

Mendoan jumbo ini sudah eksis sejak akhir tahun 2021. Alasan pembuatannya tentu saja agar beda dari mendoan pada umumnya. Soal varian rasa, ada dua jenis yang disediakan, yaitu original dan cabai merah bagi yang gemar makanan pedas.

Soal harga, masih terjangkau kok, Millens. Seporsinya dihargai nggak sampai Rp 20 ribu.

“Harganya Rp 15 ribu untuk yang original, sedangkan cabai merah Rp 17 ribu,” jelas karyawan toko tersebut, Widya, Selasa (22/3).

O ya, nggak hanya mendoan jumbo yang disediakan di toko yang juga menjual oleh-oleh Banyumas ini. Mau mencari gethuk goreng, aneka rempeyek, lanting, hingga tempe mendoan mentah dengan ukuran normal semuanya ada.

Nah, buat kamu yang pengin beli tempe mendoan mentah, siapkan kocek sebesar Rp 40 ribu per paket. Satu paket berisi 20 buah tempe. Tapi, jangan sampai lupa buat mencicipi signature menu-nya yaitu mendoan jumbo.

Jadi, kapan nih kita bareng-bareng main ke sana, Millens? (Det, Sua/IB09/E05)